Oktavian, Risky Andias (2022) Pengaruh model pembelajaran REACT terhadap kecerdasan spasial dan keterampilan geografis pada materi pembangunan dan pertumbuhan wilayah / Risky Andias Oktavian. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Model REACT merupakan pembelajaran kontekstual yang bersifat konstruktif yang menekankan kebermaknaan belajar dan pengetahuan yang dibangun dalam pikiran siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model REACT terhadap Kecerdasan Spasial dan Keterampilan Geografis siswa. Penelitian ini menggunakan Quasy Experimental dengan Posttest Only Control Group Design. Subjek yang digunakan dalam penelitian yaitu siswa kelas XII IPS 2 sebagai kelas eksperimen dan XII IPS 3 sebagai kelas kontrol di SMAN 10 Malang tahun ajaran 2022/2023. Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan pertimbangan memiliki rata-rata nilai Ujian Akhir Sekolah yang hampir sama. Instrumen penelitian menggunakan tes essay yang mengacu pada indikator keterampilan geografis dan kecerdasan spasial. Sebelum digunakan soal tes akan diuji validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan Uji Independent-Sample T Test dan Uji Mann-Whitney U Test dengan taraf signifikansi 0 05. Nilai signifikansi Independent-Sample T Test kecerdasan spasial sebesar 0 004 lt 0 05 dan nilai signifikansi Mann-Whitney U Test keterampilan geografis sebesar 0 004 lt 0 05. Hasil penelitian ini menunjukkan model REACT berpengaruh secara signifikan terhadap kecerdasan spasial dan keterampilan geografis siswa pada materi pembangunan dan pertumbuhan wilayah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Dec 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/281367 |
Actions (login required)
View Item |