Pengembangan media v-poldynamics untuk pembelajaran geografi materi antroposfer / MUHAMMAD ZAINUL MUTTAQIN - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media v-poldynamics untuk pembelajaran geografi materi antroposfer / MUHAMMAD ZAINUL MUTTAQIN

Muttaqin, Muhammad Zainul Muttaqin (2022) Pengembangan media v-poldynamics untuk pembelajaran geografi materi antroposfer / MUHAMMAD ZAINUL MUTTAQIN. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Saat ini guru dituntut untuk memiliki kemampuan literasi media dan penggunaan teknologi pembelajaran. Guru harus mampu menyesuaikan diri dan memanfaatkan teknologi untuk proses pembelajaran yang efektif. Pengembangan media pembelajaran V-Poldynamics dilakukan karena kurangnya pemanfaatan media saat proses pembelajaran terutama materi kualitas penduduk indeks pembangunan manusia dan bonus demografi. Tujuan penelitian ini menghasilkan produk video dan kelayakan media V-Poldynamics dalam pembelajaran. Model penelitian pengembangan menggunakan metode ADDIE (Analyze Design Development Implementation Evaluation). Data penelitian ini memakai 2 data yaitu data kualitatif serta kuantitatif. Data kualitatif dihasilkan dari para pakar media dan pakar materi. Data kuantitatif diperoleh dari guru dan peserta didik melalui persebaran angket kritik saran dan tanggapan. Hasil dari tahap validasi pakar materi yang terdiri dari 5 aspek penilaian mendapat nilai rata-rata 95% menunjukkan bahwa materi ini sangat layak digunakan dalam pembuatan produk tersebut. Hasil dari tahap validasi pakar media yang terdiri dari 6 aspek penilaian mendapat nilai rata-rata 96% menunjukkan bahwa media ini sangat layak digunakan dalam pembelajaran. Kegiatan uji coba produk dilakukan di kelas XI IPS tiga MA Al-Ittihad. Dari hasil uji coba tersebut penilaian aspek materi mendapat nilai rata-rata 95% 96% dari aspek media dan penilaian rata-rata penilaian guru dan peserta didik sebesar 89%. Media pembelajaran V-Poldynamics tersebut dapat dikatakan sangat layak serta bisa dipergunakan pada proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/281365

Actions (login required)

View Item View Item