Pengembangan instrumen penilaian autentik berbasis unjuk kerja (performance assessment) dalam pembelajaran produktif pemasaran mata pelajaran perencanaan bisnis (studi pada siswa kelas X pemasaran SMK PGRI 2 Malang) / Vica Vekyana Sagita - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan instrumen penilaian autentik berbasis unjuk kerja (performance assessment) dalam pembelajaran produktif pemasaran mata pelajaran perencanaan bisnis (studi pada siswa kelas X pemasaran SMK PGRI 2 Malang) / Vica Vekyana Sagita

Sagita, Vica Vekyana (2018) Pengembangan instrumen penilaian autentik berbasis unjuk kerja (performance assessment) dalam pembelajaran produktif pemasaran mata pelajaran perencanaan bisnis (studi pada siswa kelas X pemasaran SMK PGRI 2 Malang) / Vica Vekyana Sagita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sagita V. V. 2018. PengembanganInstrumenPenilaianAutentikBerbasisUnjukKerja (Performance Assessment) dalamPembelajaranProduktifPemasaran Mata PelajaranPerencanaanBisnis (StudiPadaSiswaKelas X Pemasaran SMK PGRI 2 Malang).Skripsi JurusanManajemen FakultasEkonomi UniversitasNegeri Malang. Pembimbing Dr.WeningPatmiRahayu S.Pd M.M. katakunci penilaianautentik berbasisunjukkerja penilaiankognitifdanpsikomotor perencanaanbisnis. Penelitianinidilakukandenganmaksuduntukmengembangkanpenilaianautentikberbasisunjukkerja yang dapatmengembangkanpotensi kemampuan dankreativitassiswa sertamengukurkompetensisiswaberdasarkanstandarkompetensi.Penilaian yang dikembangkanmenggunakaninstrumenpenilaian yang terbagidalamduaranah yaitu (1) penilaiankognitif yang terdiridarisoalpilihangandadilengkapidengankuncijawaban (2) penilaianpsikomotor yang terdiridaritugasunjukkerjadanrubrikpenilaian. Tujuanpenelitian yang dikembangkandalampenelitianiniyaitumenghasilkanprodukberupainstrumenpenilaianautentikberbasisunjukkerjadanmengetahuirespon guru dansiswaterhadapkelayakaninstrumenpenilaianautentikberbasisunjukkerjadalampembelajaranproduktifpemasaranmatapelajaranperencanaanbisniskompetensidasarmenerapkanprosedurpembuatan proposal usahadanmenyusun proposal usaha. Penelitianinimenggunakantahapanpengembangansampaienamtahapan yaitu (1) studipendahuluan (2) perencanaan (3) pengembangandrafproduk (4) ujicobaterbatas (5) revisiproduk (6) produk final/akhir.Subjekcobaadalahsiswakelas X Pemasaran SMK PGRI 2 Malang denganmateripada semester genapyaitumenerapkanprosedurpembuatan proposal usahadanmenyusun proposal usaha.Jenis data yang digunakanyaitudata kuantitatifdankualitatif. Data kuantitatifdigunakanuntukmenganalisishasilvalidasiahlipenilaiandanmateri respon guru dansiswamenggunakanrumuspersentase.Data kualitatifdigunakanuntukmenganalisiskomentardan saran dariparaahli guru dansiswa. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwainstrumenpenilaianautentikberbasisunjukkerjadinyatakansangatlayakdigunakan. Hal inidibuktikandenganhasilvalidasipenilaianterhadapinstrumenaspekkognitifolehdua validator sebesar 92% dan 94 67%. Untukhasilvalidasipenilaianaspekpsikomotorsebesar 88 89% dan 95 56%. Sedangkanhasilvalidasimateri/isiterhadapinstrumenaspekkognitifsebesar 85 45% dan 100% danaspekpsikomotorsebesar 91 67% dan 100%. Hasilrespon guru terhadapinstrumenpenilaianterbuktisangatlayakdigunakandenganpersentase 94 28%. Hasilresponsiswapadainstrumenpenilaianterbuktisangatlayakdigunakandanmudahdipahamidenganpersentase88 45%. Berdasarkanhasilvalidasiahlisertaujicobaterbatasmenunjukkanbahwasecaraumumpenilaiankognitifdanpsikomotortelah valid danlayakdigunakan. Saran pemanfaatanprodukpengembanganinstrumenpenilaian agar dapatdigunakansecaramaksimaldenganefektifdanefisienmakapadasaatmembuatkriteriapenilaianharusdetaildanmenggambarkanperbedaanmasing-masingindikator yang muncul. Solusi yang disarankanolehpenelitibagiKepalaSekolahyaitumelaksanakanpelatihan yang baikdansesuaikepadasemua guru khususnya guru mapelperencanaanbisnis agar lebihbaikdalammembuatpenilaian.Bagi guru matapelajarandalammembuatkriteriapenilaianperlumenyusunindikatordankriteria yang sangatjelas agar siswalebihmemahamimaksuddantujuanpembelajaransertapenjelasan yang lebihpadasaatmelakukanpraktikunjukkerjakepadasiswakarenapemahamansiswakelas X terhadapmaterimasihkurang. Bagipenelitiberikutnyayaitupenelitiharuslebihpandaidanjelidalammembuatindikatorpenilaian membuatsoalpilihangandajugaharuslebihditingkatkan agar menjadisoal yang baikdanmeminimalisirtingkatkesukaransoal agar soaldapatdikategorikanbaik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28136

Actions (login required)

View Item View Item