Analisis pelaksanaan kurikulum 2013 pada aspek pembelajaran aktif dana aspek pembelajaran secara jejaring (studi pada guru mata pelajaran produktif Jurusan Pemasaran di SMK Negeri 1 Pasuruan) / Fifi Khusnul Fatimah - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis pelaksanaan kurikulum 2013 pada aspek pembelajaran aktif dana aspek pembelajaran secara jejaring (studi pada guru mata pelajaran produktif Jurusan Pemasaran di SMK Negeri 1 Pasuruan) / Fifi Khusnul Fatimah

Fatimah, Fifi Khusnul (2018) Analisis pelaksanaan kurikulum 2013 pada aspek pembelajaran aktif dana aspek pembelajaran secara jejaring (studi pada guru mata pelajaran produktif Jurusan Pemasaran di SMK Negeri 1 Pasuruan) / Fifi Khusnul Fatimah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fatimah F. K. 2018. Analisis Pelaksanaan Kurikulum 2013 Aspek Pembelajaran Aktif dan Aspek Pembelajaran Secara Jejaring (Studi Pada Guru Mata Pelajaran Produktif Jurusan Pemasaran di SMK Negeri 1 Pasuruan). Skripsi Jurusan Manajemen. Fakultas Eknomi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. H. Sutrisno M.M. Kata Kunci Kurikulum 2013 Pembelajaran Aktif Pembelajaran Secara Jejaring. Pada studi pendahuluan yang dilakukan oleh peneliti di SMK Negeri 1 Pasuruan ditemukan beberapa permasalahan terkait pelaksanaan kurikulum 2013 khususnya pada aspek pembelajaran aktif dan aspek pembelajaran secara jejaring. Dari keterangan yang diperoleh dari Wakasek bidang kurikulum SMK Negeri 1 Pasuruan ditemukan bahwa (1) guru masih beradaptasi dengan adanya perubahan penerapan kurikulum yang sebelumnya menerapkan kurikulum 2013 kemudian dirubah menjadi kurikulum 2013 revisi sehingga dalam pelaksanaan proses pembelajaran masih dalam tahap penyesuaian dan masih belum bisa berjalan secara maksimal (2)pembelajaran aktif dalam pelaksanaannya masih menghadapi beberapa kendala yaitu guru masih mengalami kesulitan dalam hal memusatkan dan memfokuskan perhatian siswa terhadap instruksi yang diberikan oleh guru selain itu terkadang pelaksanaan proses pembelajaran juga tidak sesuai dengan apa yang sudah dirancang di RPP pengendalian kondisi kelas terkadang juga masih mengalami kesulitan dikarenakan tingkat keaktifan siswa masih kurang (3) untuk pembelajaran secara jejaring khususnya pada jurusan pemasaran masih memiliki beberapa kendala yaitu pada fasilitas wifi yang disediakan oleh sekolah masih terbatas sehingga jaringan internet masih belum bisa digunakan secara maksimal selain itu guru menggunakan perangkat teknologi informasi pada proses pembelajaran berupa power point dengan menggunakan LCD proyektor sehingga model pembelajaran dengan penggunaan perangkat teknologi masih belum bervariasi dan belum berkembang. Jenis penelitian ini adalah penelitian studi kasus taha-tahap penelitian meliputi tiga tahap yaitu tahap pra lapangan tahap pelaksanaan dan tahap pelaporan. Subjek dari penelitian ini adalah guru mata pelajaran produktif jurusan pemasaran dengan jumlah 3 guru wakasek bidang kurikulm dan beberapa perwakilan siswa kelas X PM 1 2 jurusan pemasaran. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini meliputi wawancara observasi dan dokumentasi. Proses analisis data pada penelitian ini menggunakan tiga analisis yaitu reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian Analisis Pelaksanaan Kurikulum 2013 Aspek Pembelajaran Aktif dan Pembelajaran Secara Jejaring pada guru mata pelajaran produktif jurusan pemasaran di SMK Negeri 1 Pasuruan dapat disimpulkan bahwa (1) pembelajaran aktif sudah diterapkan oleh guru mata pelajaran produktif khususnya pada kelas X jurusan pemasaran di SMK Negeri 1 Pasuruan model dan metode pembelajaran yang diterapkan oleh guru antara lain memberikan penugasan studi kasus secara berkelompok pemberian contoh-contoh secara nyata yang terjadi di lingkungan sekitar terkait dengan materi menerapkan praktek secara langsung di laboratorium siswa melakukan presentasi di depan kelas menyampaikan hasil diskusi memutarkan video pembelajaran menggunakan model pembelajaran role playing atau bermain peran guru memberikan umpan balik pada siswa berupa pujian hadiah atau reward pemberian nilai keaktifan serta guru mengembalikan hasil ulangan guru memancing siswa dengan memberikan pertanyaan terkait dengan materi yang disampaikan guru melakukan evaluasi pembelajaran berupa penugasan pemberian tes berupa soal penugasan teknik non tes berupa wawancara observasi serta portofolio selain itu guru juga menyimpulkan materi yang disampaikan secara bersama-sama melibatkan siswa (2) pembelajaran aktif juga memiliki beberapa kendala dalam pelaksanaannya yaitu guru masih kesulitan mengkondisikan situasi kelas agar siswa tetap fokus memperhatikan materi yang disampaikan oleh guru pelaksanaan proses pembelajaran yang masih belum sesuai dengan RPP dikarenakan guru terkadang tidak melaksanakan proses pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu (3) pembelajaran secara jejaring sudah diterapkan oleh guru mata pelajaran produktif khususnya pada kelas X jurusan pemasaran di SMK Negeri 1 Pasuruan model dan metode pembelajaran yang diterapkan oleh guru antara lain pemberian tugas dengan memberikan kebebasan siswa untuk mengakses internet memperbolehkan siswa mencari sumber belajar sebanyak-banyaknya dengan akses internet sehingga sumber belajar bukan hanya dari buku saja guru melakukan komunikasi bukan hanya di kelas saja melainkan juga melalui whatsapp dan juga e-maildengan tujuan untuk mempermudah siswa mendapatkan informasi mengenai tugas maupun pengumpulan tugas bisa dikumpulkan melalui e-mail berupa softfile sehingga tugas lebih cepat tersampaikan ke guru dan guru menggunakan perangkat teknologi dalam proses pembelajaran berupa power point video tutorial dan juga video simulasi terkait dengan materi yang diajarkan selain itu penggunaan komputer di laboratorium juga sudah diterapkan (4) pembelajaran secara jejaring memiliki kendala yaitu fasilitas disekolah yang masih kurang dan tidak semua lokasi siswa tersedia fasilitas internet dan terkendala sinyal yang susah serta belum terlaksananya pembelajaran yang menggunakan video streaming.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28134

Actions (login required)

View Item View Item