Pengaruh model problem based learning berbantuan video berita terhadap kemampuan berpikir kritis pada siswa SMA / Fetricia - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model problem based learning berbantuan video berita terhadap kemampuan berpikir kritis pada siswa SMA / Fetricia

Fetricia (2022) Pengaruh model problem based learning berbantuan video berita terhadap kemampuan berpikir kritis pada siswa SMA / Fetricia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kemampuan berpikir kritis penting dimiliki siswa untuk menyelesaikan masalah di kehidupan sehari-hari. Model problem based learning berbantuan video berita merupakan salah satu model pembelajaran yang sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013 untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak ada pengaruh model problem based learning berbantuan video berita terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMA. Penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan menerapkan post-test only control group design. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 66 orang. Analisis data menggunakan independent sample t-test dengan hasil pengujian diketahui 0 023 lt 0 05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model problem based learning berbantuan video berita terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMA. Peneliti juga membandingkan nilai rata-rata tes kemampuan berpikir kritis berdasarkan gender. Hasil menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa perempuan lebih tinggi dibandingkan siswa laki-laki. Penyebabnya yaitu kemampuan kognitif pemecahan masalah dan motivasi siswa perempuan lebih tinggi dibandingkan siswa laki-laki.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Dec 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/281338

Actions (login required)

View Item View Item