Wulandari, Linis Tri (2022) Pengaruh model problem based learning berbantuan live worksheet pada mata pelajaran geografi terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMA / Linis Tri Wulandari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kemampuan berpikir kritis diperlukan pada pendidikan abad 21. Kemampuan berpikir kritis dapat ditumbuhkan melalui model PBL. Live worksheet adalah media yang membantu dalam penggunaan model PBL. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model PBL berbantuan Live worksheet terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Metode yang digunakan yaitu eksperimen semu dengan desain posttest control group design. Lokasi penelitian yaitu di SMA Laboratorium UM dengan subjek penelitian kelas XI IPS 2 (kelas eksperimen) dan kelas XI IPS 3(kelas kontrol). Hasil penelitian berdasarkan uji Mann-Whitney diketahui 0 00 lt 0 05 yaitu H0 ditolak H1 diterima. Hasil tersebut memperlihatkan bahwa model PBL yang didukung oleh live worksheet berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Peneliti juga menemukan temuan komparasi nilai rata-rata berdasarkan gender yang menunjukkan bahwa siswa perempuan mendapat nilai lebih tinggi dari siswa laki-laki. Hal ini karena kemampuan berbahasa perempuan lebih baik dibandingkan laki-laki sehingga mempengaruhi kemampuan berpikir kritis dalam penyampaian pendapat.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 23 Nov 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/281337 |
Actions (login required)
View Item |