Pengembangan instrumen penilaian autentik psikomotor berbasis kinerja pada mata pelajaran komunikasi bisnis (studi pada siswa kelas X Bisnis Daring dan Pemasaran di SMK Negeri 1 Udanawu Blitar) / Kartika Dewi Afitri

Afitri, Kartika Dewi (2018) Pengembangan instrumen penilaian autentik psikomotor berbasis kinerja pada mata pelajaran komunikasi bisnis (studi pada siswa kelas X Bisnis Daring dan Pemasaran di SMK Negeri 1 Udanawu Blitar) / Kartika Dewi Afitri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Afitri, Kartika Dewi. 2018. Pengembangan Instrumen Penilaian Autentik Psikomotor Berbasis Kinerja pada Mata Pelajaran Komunikasi Bisnis (Studi pada Siswa Kelas X Bisnis Daring dan Pemasaran Di SMK Negeri 1 Udanawu Blitar). Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Wening Patmi Rahayu, S.Pd., M.M. Kata Kunci: penilaian autentik, penilaian psikomotor, penilaian kinerja Penilaian autentik adalah suatu penilaian yang mengharuskan peserta didik untuk menerapkan/ melaksanakan tugas berdasarkan pengalaman dalam kehidupan nyata agar siswa dapat memahami materi yang telah diajarkan. Salah satu penilaian autentik yang lebih ditekankan pada kurikulum 2013 adalah penilaian kinerja, karena penilaian tersebut dapat melihat kemampuan dan keterampilan siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Namun pada praktek di lapangan masih banyak guru yang belum menerapkan penilaian kinerja (praktek), karena guru belum bisa membuat rubrik penilaian keterampilan berbasis kinerja dengan baik. Berdasarkan hal itu maka perlu adanya pengembangan mengenai instrumen penilaian keterampilan berbasis kinerja yang layak digunakan untuk menilai siswa yang dapat mewakili setiap kompetensi yang akan dicapai. Tujuan penelitian dan pengembangan instrumen penilaian autentik psikomotor berbasis kinerja pada mata pelajaran komunikasi bisnis ini adalah untuk menghasilkan instrumen penilaian autentik psikomotor berbasis kinerja sesuai dengan kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran Komunikasi Bisnis Kompetensi Dasar Menerapkan Prosedur Rapat di SMK Negeri 1 Udanawu Blitar. Pengembangan penilaian ini menggunakan langkah-langkah sebagai berikut: (1) studi pendahuluan, (a) studi kepustakaan, (b) perencanaan; (2) pengembangan produk; (3) validasi produk; (4) uji coba terbatas; (5) revisi hasil uji coba. Penelitian dan pengembangan instrumen penilaian ini berfokus pada instrumen penilaian psikomotor berbasis kinerja pada Mata Pelajaran Komunikasi Bisnis. Uji coba yang dilakukan yaitu validasi isi dan uji coba terbatas. Validasi isi dilakukan oleh 1 orang Dosen Pendidikan Tata Niaga dan 1 orang Guru Pemasaran SMK Negeri 1 Udanawu untuk menentukan tingkat kelayakan yang digunakan dari instrumen yang dikembangkan. Proses uji coba terbatas dilakukan dengan melakukan uji keterbacaan instrumen penilaian psikomotor kepada siswa untuk mengetahui lembar kerja siswa yang digunakan. Instrumen pengumpulan data untuk validasi isi dan uji keterbacaan menggunakan angket. Data hasil validasi isi berupa data kuantitatif (skor hasil pengisian angket oleh validator ahli) dan data kualitatif (komentar, kritik dan saran dari validator ahli), sedangkan untuk uji keterbacaan siswa berupa data kuantitatif (skor hasil pengisisan angket oleh siswa) dan data kualitatif (komentar, kritik dan saran dari siswa). Hasil validasi isi akan digunakan untuk memberikan kriteria kelayakan instrumen. Hasil validasi isi instrumen oleh validator ahli (dosen) memiliki persentase sebesar 94,23% dan oleh guru sebesar 95,83%. Persentase tersebut menunjukkan hasil bahwa instrumen tersebut dinyatakan ÔÇ£sangat layakÔÇØ. Sedangkan untuk hasil uji coba keterbacaan oleh siswa memiliki persentase sebesar 88,45% menunjukkan ii hasil bahwa instrumen penilaian tersebut ÔÇ£sangat sesuai/sangat layakÔÇØ sehingga instrumen penilaian psikomotor tidak perlu dilakukan revisi. Saran pengembangan produk lebih lanjut yaitu diharapkan untuk peneliti lain meneruskan penelitian sampai tahap diseminasi dan implementasi dan juga melakukan uji coba penilaian instrumen lainnya yang tidak sebatas penilaian kinerja. Saran diseminasi yaitu bahwa produk berupa instrumen penilaian psikomotor yang dihasilkan masih dikembangkan pada SMK Negeri 1 Udanawu Blitar jadi apabila ingin mengembangkan instrumen ini lebih luas maka harus menginformasikan pada MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) Pemasaran agar diketahui apakah penilaian tersebut patut untuk digunakan bersama-sama oleh sesama guru pemasaran. Sedangkan saran pemanfaatan yaitu produk pengembangan instrumen penilaian psikomotor hasilnya dapat digunakan oleh guru untuk menilai tugas praktek pada mata pelajaran komunikasi bisnis dan juga guru bisa memanfaatkan penilaian ini sebagai referensi dan pedoman untuk mengembangkan penilaian autentik pada materi yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28133

Actions (login required)

View Item View Item