Pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif menggunakan Authoring Tool Lectora Inspire pada kompetensi dasar menerapkan Komunikasi Bisnis dalam bahasa Inggris untuk siswa kelas X Bisnis daring dan Pemasaran SMKN 1 Turen / Oki Pramono Wibowo - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif menggunakan Authoring Tool Lectora Inspire pada kompetensi dasar menerapkan Komunikasi Bisnis dalam bahasa Inggris untuk siswa kelas X Bisnis daring dan Pemasaran SMKN 1 Turen / Oki Pramono Wibowo

Wibowo, Oki Pramono (2018) Pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif menggunakan Authoring Tool Lectora Inspire pada kompetensi dasar menerapkan Komunikasi Bisnis dalam bahasa Inggris untuk siswa kelas X Bisnis daring dan Pemasaran SMKN 1 Turen / Oki Pramono Wibowo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Wibowo Oki Pramono. 2018 Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Menggunakan Authoring Tool Lectora Inspire Pada Kompetensi Dasar Menerapkan Komunikasi Bisnis dalam Bahasa Inggris untuk Siswa Kelas X Bisnis Daring dan Pemasaran SMK Negeri 1 Turen. Skripsi. Jurusan Manajemen Program Pendidikan Tata Niaga Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Djoko Dwi Kusumojanto M.Si. Kata Kunci media pembelajaran multimedia interaktif lectora inspire komunikasi bisnis Penggunaan teknologi multimedia sebagai media pembelajaran merupakan alternatif yang tepat karena dapat mengintegrasikan seluruh media yang diperlukan dalam pembelajaran. Proses belajar bisa terjadi karena adanya interaksi seseorang dengan sumber belajarnya dimana sumber belajar tidak hanya manusia melainkan bisa dengan benda atau media. Sehingga diperlukannya perangkat media pembelajaran yang memanfaatkan teknologi multimedia didalamnya. Salah satu solusi yang tepat adalah pengembangan media pembelajaran dengan basis multimedia interaktif. Adanya multimeda interaktif berperan aktif dalam membantu siswa mempelajari materi tanpa harus banyak melihat buku serta juga dapat membantu siswa untuk melakukan proses belajar secara mandiri. Sehingga peneliti memilih software Lectora Inspire sebagai program untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif untuk mendukung pembelajaran siswa di dalam kelas maupun secara mandiri dengan pemanfaatan tekonologi multimedia. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengembangkan media pembelajaran berbasis Multimedia Interaktif menggunakan Authoring Tool Lectora pada Kompetensi Dasar Menerapkan Komunikasi Bisnis dalam Bahasa Inggris. (2) Menghasilkan produk media pembelajaran yang menarik dan layak pada Kompetensi Dasar Menerapkan Komunikasi Bisnis dalam Bahasa Inggris. (3) Mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran yang dibuat menggunakan software Authoring Tool Lectora Inspire pada Kompetensi Dasar Menerapkan Komunikasi Bisnis dalam Bahasa Inggris Prosedur yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah metode dari Borg and Gall (1983) yang dalam implementasinya disederhanakan dan disesuaikan dengan keterbatasan waktu dan kebutuhan peneliti menjadi 8 tahap yang dianggap telah mewakili 10 tahapan dari metode Borg and Gall yaitu (1) penelitian dan pengumpulan informasi (2) perencanaan (3) pengembangan produk (4) validasi ahli (5) revisi produk 1 (6) uji coba lapangan (7) revisi produk 2 (8) hasil produk akhir. Berdasarkan penilaian skor yang diberikan oleh validator ahli media pada keseluruhan aspek pada media yang dikembangkan mendapat total skor 111 dengan perolehan persentase sebesar 96 5%. Penilaian skor per butir angket validasi dari ahli materi I dan II pada keseluruhan aspek materi pada media pembelajaran yang dikembangkan mendapat total skor 117 dan 101. Apabila dihitung dalam persentase maka skornya adalah 93 6% dan 80 8%. ii Data hasil penilaian dari masing-masing validator tersebut dilakukan perhitungan validitas gabungan dan mendapatkan total persentase sebesar 91 8%. Berdasarkan respon yang diberikan oleh pengguna/siswa dalam uji coba lapangan media pembelajaran yang dikembangkan mendapat total skor 2978 dengan perolehan persentase sebesar 90 24%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media yang dikembangkan mendapat respon sangat baik oleh siswa. Saran yang diberikan berkaitan dengan pemanfaatan produk media pembelajaran berbasis Multimedia Interaktif pada Kompetensi Dasar Menerapkan Komunikasi Bisnis dalam Bahasa Inggris. (1) Pengguna baik siswa maupun guru disarankan untuk membaca buku petunjuk penggunaan terlebih dahulu agar membuka pandangan dan wawasan awal mengenai software Lectora serta lebih memudahkan saat mengoperasikan media (2) Materi yang disajikan dalam media merupakan materi yang diambil dari buku pedoman guru yang digunakan pada pembelajaran untuk itu guru dapat memberikan tambahan materi agar siswa juga menerima materi yang lebih update tidak sebatas materi yang ada dalam media pembelajaran tersebut (3) Guru dapat mengganti atau menambah variasi soal latihan yang terdapat dalam media sesuai dengan kebutuhan pembelajaran (4) Penggunaan produk media pembelajaran di sekolah lain selain SMKN 1 Turen perlu diperhatikan masalah sarana dan prasarana yang ada pada sekolah tersebut serta fasilitas yang dimiliki oleh siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28132

Actions (login required)

View Item View Item