Pengaruh status sosial ekonomi orang tua dan lingkungan belajar di sekolah terhadap minat berwirausaha (studi pada kelas XI SMK Negeri 1 Bojonegoro) / Himawan Prasetio - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh status sosial ekonomi orang tua dan lingkungan belajar di sekolah terhadap minat berwirausaha (studi pada kelas XI SMK Negeri 1 Bojonegoro) / Himawan Prasetio

Prasetio, Himawan (2018) Pengaruh status sosial ekonomi orang tua dan lingkungan belajar di sekolah terhadap minat berwirausaha (studi pada kelas XI SMK Negeri 1 Bojonegoro) / Himawan Prasetio. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Prasetio Himawan. 2018. Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua Dan Lingkungan Belajar Di Sekolah Terhadap Minat Berwirausaha (Studi Pada Kelas XI Smk Negeri 1 Bojonegoro) Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Pembimbing Rachmad Hidayat S.Pd M.Pd. Kata Kunci Sosial Ekonomi Orang Tua Lingkungan Belajar di Sekolah Minat Berwirausaha. Kota Bojonegoro merupakan kotasemi industri maka peluang siswa bojonegoro untuk menjadi wirausaha lebih besar dari pada menjadi pegawai di suatu pabrik dimana satu pabrik belum tentu membuka lowongan tiap tahunnya sedangkan setiap tahun banyak siswa SMK di Bojonegoro yang lulus tiap tahunnya hal ini munculnya pengangguran di kota Bojonegoro setiap tahun semakin meningkat. Oleh karena itu minat berwirausaha harus dikembangkan untuk anakanak di jenjang pendidikan SMK yang dipersiapkan siap dalam dunia kerja. Minat Berwirausaha dapat ditumbuhkan salah satunya dengan meningkatkan status sossial ekonomi orang tua dan lingkungan belajar di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Bagaimana deskripsi Status sosial ekonomi Lingkungan Belajar di Sekolah dan Minat Berwirausaha Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Bojonegoro (2) Apakah terdapat pengaruh positif dan signifikan Status sosial ekonomi terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Bojonegoro (3) Apakah terdapat pengaruh positif dan signifikan Lingkungan Belajar di Sekolah terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Bojonegoro Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI Jurusan Perbankan Akuntansi dan Pemasaran di SMK Negeri 1 Bojonegoro yang berjumlah 125 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan metode probability sampling dengan jenis sampling proposive random sampling. Pengumpulan data menggunakan instrument kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dan uji asumsi klasik. Uji hipotesis menggunakan nilai Uji t. Berdasarkan analisis data diketahui bahwa (1) Status sosial ekonomi orang tua berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Berwirausaha dengan nilai 119905 8462 119894 119905 119906 119899 119892 119905 119905 119886 119887 119890 119897 sebesar 2 446 1.66140 dan nilai signifikansi 0 016 0.05 (2) Lingkungan belajar di sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha dengan nilai 119905 8462 119894 119905 119906 119899 119892 119905 119905 119886 119887 119890 119897 sebesar 5 389 1.66140dan nilai signifikansi 0 000 0.05 Berdasarkan hasil dan pembahasan dalam penelitian ini maka diajukan beberapa saran sebagai berikut (1) Bagi Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Bojonegoro dalam upaya meningkatkan minat berwirausaha siswa diharapkan pihak sekolah untuk lebih membangun dan mempertahankan minat berwirausaha siswa. Dengan menambah sarana dan prasaran serta strategi untuk mengatur dan membuat rencana kegiatan peserta didik serta mengoptimalkan atau mendukung programii program yang dapat menumbuhkan minat berwirausaha siswa (2) Dalam melakukan kegiatan proses pembelajaran Guru sebaiknya memberi contoh real dari pembahasan di kelas dan sebaiknnya Guru memperbanyak praktek di luar kelas untuk menambah pengalaman siswa untuk menghadipi dunia kerja. (3) Bagi Peneliti Selanjutnya disarankan untuk dilakukan penelitian lebih lanjut terkait variabel lain yang diduga dapat mempengaruhi minat berwirausaha siswa selain dari status sosial ekonomi orang tua lingkungan belajar di sekolah misalnya motivasi belajar disiplin belajar efikasi diri dukungan lingkungan tempat tinggal maupun dukungan faktor lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28131

Actions (login required)

View Item View Item