Kontribusi bisnis center Alfamart dalam membentuk soft skills siswa pemasaran Alfaclass SMKN 1 Probolinggo / Nurhayati - Repositori Universitas Negeri Malang

Kontribusi bisnis center Alfamart dalam membentuk soft skills siswa pemasaran Alfaclass SMKN 1 Probolinggo / Nurhayati

Nurhayati (2018) Kontribusi bisnis center Alfamart dalam membentuk soft skills siswa pemasaran Alfaclass SMKN 1 Probolinggo / Nurhayati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Nurhayati 2018. Kontribusi Bisnis Center Alfamart dalam Membentuk Soft Skills Siswa Pemasaran Alfaclass SMKN 1 Probolinggo. Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. H. Agung Winarno M.M. Kata Kunci Bisnis Center Alfamart soft skills siswa siswa pemasaran Alfaclass Bisnis center Alfamart adalah suatu wadah atau fasilitas minimarket modern dari PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk yang mempunyai tanggung jawab sosial atau disebut dengan Corporate Social Responsibility (CSR) dengan SMKN 1 Probolinggo. Bisnis center Alfamart ini dijadikan sebagai laboratorium pengelolaan bisnis ritel untuk siswa pemasaran Alfaclass. Alfamart class adalah program kerjasama antara perusahaan dengan SMK terpilih untuk mendidik siswa menjadi lulusan yang siap bekerja dengan tetap mengacu pada peraturan dan ketentuan pendidikan nasional. Tujuan kerjasama tersebut yaitu untuk menciptakan lulusan SMK yang memiliki daya saing tinggi memiliki keterampilan dan siap bekerja di perusahaan. Khususnya di industri ritel dengan berbagai kompetensi yang telah dimiliki. Kompetensi tersebut antara lain softskills dalam penjualan penguasaan produk transaksi penjualan administrasi penjualan persediaan produk pelayanan pelanggan prosedur kerja serta kerjasama tim. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Soft skills pengetahuan produk (2) Soft skills penataan barang dagangan (3) Soft skills pelayanan penjualan (4) Soft skills komunikasi bisnis dan (5) Soft skills administrasi transaksi siswa pemasaran Alfaclass. Pendekatan yang diajukan menggunakan pendekatan kualitatif yang berbentuk studi kasus. Penelitian dilakukan pada siswa SMKN 1 Probolinggo. Sumber data yang digunakan berasal dari Kepala Sekolah Ketua Bisnis Center Alfamart Ketua Jurusan Pemasaran Guru Pengurus Bisnis Center Alfamart Pelaksana Bisnis Center Alfamart dan Siswa Kelas X Alfa. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga teknik yaitu observasi wawancara dan dokumentasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa (1) Siswa mempunyai soft skills pengetahuan produk (2) Siswa mempunyai soft skills penataan barang dagangan (3) Siswa mempunyai soft skills pelayanan penjualan (4) Siswa mempunyai soft skills komunikasi bisnis dan (5) Siswa belum mempunyai soft skills administrasi transaksi. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti menyarankan (1) Bagi Kepala Sekolah Kepengurusan yang sepenuhnya diberikan kepada jurusan pemasaran supaya lebih maksimal lagi dalam mengoptimalkan bisnis center Alfamart untuk meningkatkan soft skills siswa pemasaran Alfaclass sebelum melakukan prakerin di cabang Alfamart selama 1 tahun memberikan pelatihan kepada pelaksana bisnis center Alfamart yang mendampingi siswa ketika praktik dan memberikan kesempatan kepada siswa kelas X XI XII diluar kelas alfa untuk melakukan ii praktik di bisnis center Alfamart supaya semua siswa mempunyai soft skills untuk memasuki dunia kerja. (2) Bagi Pengurus Bisnis Center Alfamart lebih memperluas kegiatan siswa seperti memberikan kepercayaan kepada siswa untuk menghitung hasil penjualan pada saat melakukan praktik supaya siswa bisa mengevaluasi strategi pemasaran yang digunakan. Membuat promosi yang kemudian direalisasikan ke masyarakat umum karena konsumen yang datang ke bisnis center Alfamart lebih banyak dari warga sekolah. Menambah jumlah siswa yang praktik di bisnis center Alfamart setiap harinya memberikan job description kepada masing-masing siswa dan job description yang diberikan kepada siswa dilakukan secara bergantian supaya siswa benar-benar mengerti tentang seluk beluk bisnis yang sebenarnya. (3) Bagi Siswa sebagai acuan siswa untuk membentuk soft skills dalam mengahadapi konsumen secara langsung. (4) Bagi Peneliti Selanjutnya yang berminat untuk mengadakan penelitian mengenai bisnis center Alfamart diharapkan dapat mengukur perbedaan soft skills kelas alfa dan non alfa. Menyempurnakan dan menambah hal-hal yang masih kurang dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28126

Actions (login required)

View Item View Item