Pengaruh faktor intern dan ekstern terhadap hasil belajar kognitif pada mata pelajaran Perencanaan Pemasaran kelas X SMK Negeri 2 Blitar / Falak Hena Al Fitroh

Al Fitroh, Falak Hena (2018) Pengaruh faktor intern dan ekstern terhadap hasil belajar kognitif pada mata pelajaran Perencanaan Pemasaran kelas X SMK Negeri 2 Blitar / Falak Hena Al Fitroh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Alfitroh, Falak Hena 2018. Pengaruh Faktor Intern dan Ekstern Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas X Pemasaran pada Mata Pelajaran Perencanaan Pemasaran Di SMK Negeri 2 Blitar. Skripsi. Jurusan Manajemen. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Hj. Suwarni, M.Si Kata Kunci : Faktor Intern dan Ekstern, Hasil Belajar Kognitif Siswa. Pendidikan tidak pernah terlepas dari kegiatan belajar yang dilakukan oleh siswa. Salah satu faktor yang menunjang hasil belajar siswa adalah kegiatan belajar siswa. Terdapat beberapa kelompok faktor yang mempengaruhi hasil belajar, tetapi dapat digolongkan menjadi 2 kelompok, yaitu faktor intern dan ekstern. Faktor intern merupakan faktor yang berasal dari dalam diri seseorang meliputi, faktor jasmaniah yang terdiri dari kondisi kesehatan dan cacat tubuh, sedangkan faktor psikologis terdiri dari intelegensi, perhatian, minat, bakat dan motif. Faktor ekstern merupakan faktor yang berasal dari luar diri seseorang meliputi faktor keluarga yang terdiri dari cara orangtua mendidik, relasi antaranggota keluarga, suasana rumah dan keadaan ekonomi keluarga, lalu faktor sekolah meliputi guru, kurikulum, sarana sekolah dan alokasi waktu. Faktor masyarakat meliputi media massa, teman bergaul dan kegiatan siswa dalam masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh faktor intern (X1), faktor ekstern (X2) terhadap hasil belajar kognitif siswa (Y), baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 2 Blitar. Jenis Penelitian ini termasuk dalam penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Pemasaran SMK Negeri 2 Blitar yang berjumlah 113 siswa. Jumlah pengambilan sampel dalam penelitian ini sebanyak 87 siswa dengan menggunakan rumus slovin dengan teknik random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa kuisioner. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis deskriptif dan regresi linier berganda, data diolah dengan software SPSS 16.0. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: (1) Siswa kelas X Pemasaran SMK Negeri 2 Blitar memiliki rata-rata distribusi faktor intern dan ekstern yang baik dan memiliki nilai rata-rata yang cukup baik;(2) Tidak terdapat pengaruh positif dan signifikan faktor intern dan ekstern secara parsial terhadap hasil belajar siswa;(3) Tidak terdapat pengaruh positif dan signifikan faktor intern dan ekstern secara simultan terhadap hasil belajar siswa. Saran daripenelitianini, adalah (1) Bagi SMK Negeri 2 Blitar diharapkan mempertahankan dan bahkan bisa meningkatkan lingkungan sekolah menjadi lebih kondusif dan menyenangkan bagi kegiatan pembelajaran terkait cara mengajar guru dan sarana sekolah sehingga dapat mendukung aktivitas belajar siswa;(2) Bagi Guru SMK Negeri 2 Blitardiharapkandapat memberikan model belajar yang menyenangkan sehingga siswa dapat lebih bersemangat dalam belajarmatapelajaranperencanaanpemasaranterutamastrategibelajardanpembelajarandikelas agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa;(3) BagiPeneliti selanjutnya diharapkan mampu mengembangkan penelitian terutama dalam ii meneliti tentang faktor intern dan ekstern belajar dengan menggunakan variabel lain. Sehingga bisa dijadikan evaluasi untuk sekolah lain agar bisa maju dan berkembang untuk bisa lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28122

Actions (login required)

View Item View Item