Pengembangan instrumen penilaian autentik berbasis portofolio pada mata pelajaran Marketing kelas X Bisnis Daring dan Pemasaran di SMK PGRI 2 Malang / Sefnia Lindasari

Lindasari, Sefnia (2018) Pengembangan instrumen penilaian autentik berbasis portofolio pada mata pelajaran Marketing kelas X Bisnis Daring dan Pemasaran di SMK PGRI 2 Malang / Sefnia Lindasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Lindasari, Sefnia. 2018. Pengembangan Instrumen Penilaian Autentik Berbasis Portofolio Pada Mata Pelajaran Marketing Kelas X Bisnis Daring dan Pemasaran di SMK PGRI 2 Malang. Skripsi, Jurusan Manajemen, Prodi Pendidikan Tata Niaga, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Wening Patmi Rahayu, S.Pd., M.M. Kata Kunci: Penilaian Autentik Berbasis Portofolio, Marketing Penilaian autentik dibutuhkan dalam implementasi kurikulum 2013 abad 21 karena dapat mengukur semua kompetensi siswa dengan menghendaki siswa untuk menampilkan sikap, menggunakan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh dari pembelajaran dalam melakukan tugas pada situasi nyata. Salah satu penilaian yang digunakan dengan pemanfaatan portofolio yang dibuat oleh siswa berupa seperangkat tugas atau hasil karya siswa sebagai instrumen utama penilaian dan penilaian mandiri oleh siswa salah satunya dengan menggunakan penilaian portofolio. Penilaian portofolio dapat mencakup proses, produk, dan kinerja dalam pembelajaran guna memantau kemajuan belajar siswa dari waktu ke waktu. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah menghasilkan produk berupa instrumen penilaian autentik berbasis portofolio khususnya pada aspek kognitif dan aspek psikomotor yang valid dan layak guna pada mata pelajaran Marketing Kompetensi Dasar Menerapkan Promosi Produk dan Melakukan Promosi Produk Kelas X Bisnis Daring dan Pemasaran di SMK PGRI 2 Malang. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model Research and Development (R & D) yang mengadopsi metode dari Borg & Gall dalam Arifin (2014:127) merupakan model pengembangan yang paling sesuai menghasilkan instrumen penilaian autentik berbasis portofolio pada mata pelajaran Marketing kompetensi dasar menerapkan promosi produk dan melakukan promosi produk hanya sampai pada tahap kelima dari sepuluh langkah yang meliputi (1) penelitian dan pengumpulan informasi, (2) perencanaan, (3) pengembangan awal produk (draft), (4) uji coba terbatas, (5) revisi produk 1, (6) uji coba lebih luas, (7) revisi produk 2, (8) uji pelaksanaan lapangan, (9) revisi produk akhir, dan (10) diseminasi dan implementasi karena keterbatasan waktu dan biaya. Uji coba terbatas dilakukan dalam bentuk kolaborasi peneliti dengan guru produktif Bisnis Daring dan Pemasaran pada mata pelajaran Marketing. Subjek penelitian ini adalah 12 siswa kelas X Bisnis Daring dan Pemasaran dan 1 guru produktif Bisnis Daring dan Pemasaran mata pelajaran Marketing di SMK PGRI 2 Malang dengan materi pada semester genap 2017/2018. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil validasi isi oleh validator ahli penilaian aspek kognitif menyatakan bahwa instrumen penilaian pada aspek kognitif ÔÇ£Sangat LayakÔÇØ dengan perolehan skor rata-rata sebesar 92,64% sedangkan hasil validasi isi oleh validator ahli penilaian aspek psikomotor menyatakan bahwa instrumen penilaian pada aspek psikomotor ÔÇ£Sangat LayakÔÇØ dengan perolehan skor rata-rata sebesar 94,11%. Hasil validasi isi oleh validator ahli materi pada instrumen penilaian menyatakan bahwa instrumen penilaian tersebut ÔÇ£Sangat LayakÔÇØ dengan perolehan skor rata-rata sebesar 94,11%. Hasil analisis tingkat kesukaran dan daya pembeda soal pilihan ganda dari 20 soal ii diperoleh hasil bahwa 10 soal dinyatakan mudah dan 10 soal dinyatakan sedang. Sedangkan untuk daya pembeda soal pilihan ganda dari 20 soal diperoleh hasil bahwa 12 soal dinyatakan very good items, 4 soal dinyatakan reasonably good, 2 soal dinyatakan marginal items dan 2 soal dinyatakan poor items. Hasil uji keterbacaan pengguna/siswa terhadap instrumen penilaian aspek psikomotor menyatakan bahwa instrumen penilaian pada aspek psikomotor ÔÇ£Sangat LayakÔÇØ dengan perolehan skor rata-rata sebesar 93,36%. Hasil respon guru terhadap produk pengembangan penilaian autentik berbasis portofolio menyatakan bahwa instrumen penilaian tersebut ÔÇ£Sangat LayakÔÇØ dengan perolehan skor rata-rata sebesar 94,44%. Berdasarkan hasil validasi ahli serta uji coba terbatas menunjukkan bahwa secara umum penilaian kognitif dan penilaian psikomotor telah valid dan layak digunakan. Saran pemanfaatan produk pengembangan instrumen penilaian autentik berbasis portofolio dengan memperhatikan beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memanfaatkan produk instrumen penilaian hasil pengembangan, yaitu: (1) banyaknya aspek yang dinilai dan proses penilaian yang memerlukan waktu yang cukup lama maka diharapkan peneliti selanjutnya melibatkan observer untuk membantu menilai sebagian siswa, (2) perlu adanya penjelasan terlebih dahulu pada saat akan menggunakan instrumen penilaian kepada siswa terutama penjelasan indikator apa saja yang akan dinilai yang termuat pada rubrik penilaian agar siswa tidak bingung dan dapat memikirkan langkah selanjutnya yang akan dikerjakan, (3) banyaknya aspek yang dinilai dan proses penilaian yang membutuhkan waktu yang lama serta tenaga ekstra maka diharapkan peneliti selanjutnya memiliki strategi untuk melakukan penilaian secara efektif dan efisien, (4) peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengelola waktu sebaik mungkin sehingga apabila item soal pada instrumen penilaian aspek kognitif yang dihasilkan masih dikategorikan item soal yang jelek masih bisa direvisi dengan mengganti soal tersebut dan dapat melakukan uji coba terbatas secara ulang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28121

Actions (login required)

View Item View Item