Paramita, Maria Apsari Prajna (2022) Konstruksi Ideologi dalam Wacana Pendukung Childfree pada Media Sosial Quora. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konstruksi ideologi dalam wacana pendukung childfree pada media sosial Quora. Jenis penelitian ini adalah deskriptif-kualitatif dan menggunakan teori analisis wacana kritis Fairclough sebagai pedoman analisis data. Hasil penelitian menunjukkan berbagai ideologi yang dikonstruksi dalam wacana pendukung childfree pada media sosial Quora, antara lain adalah (1) kemerdekaan dan kebahagiaan, (2) nilai-nilai agama, (3) tuntutan orang tua, (4) kebebasan individu, (5) kesiapan finansial, (6) tanggung jawab, (7) keterbatasan psikologis, (8) kekerasan terhadap anak, (9) cita-cita individu, (10) stigma negatif, (11) budaya kolektif masyarakat Indonesia, serta (12) kesamaan visi misi dengan pasangan. Konstruksi ideologi-ideologi tersebut tampak melalui penggunaan fitur-fitur lingual, seperti klasifikasi kosakata, kata-kata ideologis, metafora, relasi makna, pilihan kata informal, ketransitifan kalimat, pemasifan, penegatifan, modus kalimat, modalitas, pronomina persona, serta pola pengembangan paragraf secara kronologi, pernyataan, analogi, dan definisi luas. Adapun, ideologi-ideologi tersebut dikonstruksi sebagai upaya perlawanan terhadap masyarakat Indonesia yang masih “konservatif” dan menolak childfree serta upaya mewujudkan kondisi sosial yang lebih seimbang dalam kehidupan bermasyarakat.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | konstruksi ideologi, childfree, analisis wacana kritis |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | mr mahasiswa UM |
Date Deposited: | 03 Apr 2023 01:53 |
Last Modified: | 03 Apr 2023 01:53 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/2812 |
Actions (login required)
View Item |