Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dan metode role playing untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran administrasi transaksi kelas XI Pemasaran 1 SMKN 1 Udanawu Kabupaten Blitar tahun ajaran 2017/2018 / Muhamad Khoirur Roziqin - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dan metode role playing untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran administrasi transaksi kelas XI Pemasaran 1 SMKN 1 Udanawu Kabupaten Blitar tahun ajaran 2017/2018 / Muhamad Khoirur Roziqin

Roziqin, Muhamad Khoirur (2018) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dan metode role playing untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran administrasi transaksi kelas XI Pemasaran 1 SMKN 1 Udanawu Kabupaten Blitar tahun ajaran 2017/2018 / Muhamad Khoirur Roziqin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Roziqin Muhamad K. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) dan Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Administrasi Transaksi Kelas XI Pemasaran 1 SMKN 1 Udanawu Kabupaten Blitar Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bisnis Jurusan Manajeman Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Hj. Suwarni M.Si Kata kunci model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) metode Role Playing hasil belajar Berdasarkan hasil observasi peneliti pada kelas XI Pemasaran 1 SMKN 1 Udanawu Kabupaten Blitar peneliti mengamati bahwa guru belum menerapkan model pembelajaran secara efektif. Kondisi tersebut menyebabkan hasil belajar siswa yang belum maksimal dari hasil Ulangan Harian yang di dapat oleh siswa kelas XI Pemasaran 1 hanya 11 dari 31 siswa yang sudah mencapai nilai KKM artinya terdapat lebih dari 50% siswa masih belum mencapai nilai KKM. Berdasarkan permasalahan yang muncul maka pemilihan dan penerapan model yang tepat menjadi fokus utama dari seorang guru. Salah satu model pembelajaran kooperatif yang dapat digunakan adalah model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) dan metode Role Playing. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas XI Pemasaran 1 SMKN 1 Udanawu Kabupaten Blitar yang berjumlah 31 siswa yang terdiri dari 30 siswa perempuan dan 1 siswa laki-laki. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) dan metode Role Playing berjalan dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari persentase keberhasilan pada siklus I sebesar 100% dan siklus II juga sebesar 100%. Dengan penerapan model pembelajara STAD dan metode Role Playing dapat meningkatkan hasil belajar siswa hal ini dapat dilihat dari rata-rata post test siklus I sebesar 98 dan siklus II sebesar 98.8. Dari hasil analisis angket yang telah diisi oleh 30 responden didapati hasil akhirnya berada pada nilai 61.85%. Nilai tersebut masuk kedalam kategori Tinggi artinya bahwa penerapan model pembelajaran STAD dan metode Role Playing yang diterapkan oleh peneliti (guru model) mendapat respon yang Tinggi dari siswa. Beberapa saran yang dapat peneliti sampaikan yaitu (1) Bagi guru dapat menerapkan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) dan metode Role Playing untuk meningkatkan hasil belajar siswa (2) bagi sekolah model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) dan metode Role Playing bisa dijadikan referensi tentang sebuah model pembelajaran kooperatif yang efektif dalam pembelajaran (3) bagi peneliti selanjutnya dapat mengembangkan dan melakukan penelitian terhadap model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) dan Metode Role Playing maupun model pembelajaran lain yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28117

Actions (login required)

View Item View Item