Implementasi pemanfaatan Laboratorium Pemasaran dalam menunjang kegiatan pembelajaran Pemasaran SMK Negeri 2 Kediri / Isma Nur Laila

Laila, Isma Nur (2018) Implementasi pemanfaatan Laboratorium Pemasaran dalam menunjang kegiatan pembelajaran Pemasaran SMK Negeri 2 Kediri / Isma Nur Laila. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Laila, Isma Nur. Implementasi Pemanfaatan Laboratorium Pemasaran Dalam Menunjang Kegiatan Pembelajaran Pemasaran Di Smk Negeri 2 Kediri. Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Suwarni, M.Si Kata Kunci : laboratorium pemasaran , pengelolaan laboratorium, analisis swot Laboratorium pemasaran merupakan fasilitas sekolah yang sangat penting untuk penunjang kegiatan pembelajaran pemasaran dan pelatihan untuk mengasah ketrampilan siswa jurusan pemasaran. Smk negeri 2 kediri merupakan satu satunya sekolah negeri yang memiliki laboratorium pemasaran di kota Kediri. Dalam kegiatan implementasi laboratorium pemasaran yang baik perlu menentukan strategi yang tepat untuk lebih meningkatkan optimalisasi di laboratorium pemasaran Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendiskripsikan beberapa hal, yang mencakup deskripsi laboratorium pemasaran, optimalisasi pemanfaatan laboratorium pemasaran, analisis faktor internal dan eksternal laboratorium pemasaran di SMK Negeri 2 kediri melalui analisis SWOT . Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data pada penelitian ini data primer mencakup informan, tempat, dan peristiwa yang terjadi di dalam sekolah, data sekunder dokumen terkait masalah. Untuk menjaga keabsahan data dilakukan kegiatan dengan teknik triangulasi data. Kegiatan analisis data dimulai dari reduksi data, penyajian data, mengelola data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu (1) peran laboratorium pemasaran sebagai sarana pelatihan kegiatan pembelajaran pemasaran dapat meningkatkan kemampuan serta ketrampilan siswa sehingga menciptakan siswa yang berkompeten dan trampil di bidang pemasaran(2) optimalisasi pemanfaatan laboratorium pemasaran dalam menunjang kegiatan pembelajaran ditunjukan dengan system pengelolaan laboratorium yang baik meliputi kegiatan perencanaan, pengaturan, pencatatan, pemeliharaan, keselamatan, pendanaan; dan (3) analisis faktor internal dan faktor eksternal berdasarkan analisis swot. Laboratorium pemasaran SMK Negeri 2 Kediri memiliki faktor kekuatan yaitu kelengkapan barang/peralatan praktik, pelayanan guru yang baik, image lulusan laboratorium pemasaran yang baik, motivasi belajar yang meningkat. Faktor-faktor kelemahan laboratorium pemasaran adalah desain ruangan yang masih kurang baik, luas laboratorium pemasaran tidak memenuhi standar, minim-nya failitas penunjang, kurangnya sumber daya manusia pengelola laboratorium pemasaran. Selanjutnya faktor-faktor yang menjadi peluang yaitu, peminat jurusan pemasaran meningkat karena kesiapan kerja setelah melakukan jenjang pendidikan, adanya teknologi baru ancaman yang dimiliki oleh laboratorium pemasaran yaitu perusakan barang dan peralatan oleh hewan, pemindahan tempat laboratorium pemasaran, menumpuknya barang yang tidak terpakai, menumpuknya peralatan yang tidak terpakai. Posisi laboratorium pemasaran SMK Negeri 2 Kediri berada di Kuadran II pada titik X,Y (0,88: -0,13). Strategi yang dapat diterapkan oleh laboratorum pemasaran SMK Negeri 2 Kediri adalah strategi ST(Strenghts-Treaths). ii Berdasarkan pembahasan diatas strategi optimalisasi penggunaan laboratorium pemasaran yang tepat adalah strategi ST(Strenghts-Treaths). Dengan cara. (1) Penambahan alat praktik dapat dilakukan dengan menambah peralatan yang kurang seperti mesin POS, mesin EDC offline, dummy produk selain itu juga laboratorium pemasaran dapat melakukan penambahan fasilitas penunjang di laboratorium seperti AirConditioner, rak sepatu, bak cuci tangan, toilet dan fasilitas penunjang keselamatan seperti alat pemadam kebakaran, kotak P3K. hal tersebut akan membuat siswa atau pengguna laboratorium merasa lebih nyaman, aman dan antusias saat berada di dalam laboratorium. (2) Pemindahan laboratorium pemasaran ke tempat yang lebih luas dan memenuhi standar yang sudah di tetapkan oleh permendiknas. (3)Senantiasa menjaga dan merawat peralatan yang ada agar terhindar dari ancaman hewan sehingga peralatan tetap awet, tidak cepat rusak sehingga saat akan di gunakan peralatan dapat di manfaatkan dengan optimal. (4) Dikarenakan kondisi tata ruang laboratorium yang sedang dalam tahap penataan ulang maka diperlukanya sikap tanggung jawab agar menciptakan kondisi yang selalu kondusif saat penggunaan laboratorium sehingga tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. (5) Laboratorium pemasaran juga harus terus mendesain ulang bangunan maupun mengubah tata letak dan menambahkan layout agar lebih menarik dan rapi agar tetap menjaga keamanan mencegah terjadinya kecelakaan di dalam laboratorium.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28116

Actions (login required)

View Item View Item