Pengembangan e-module dengan menggunakan aplikasi flip builder pada mata pelajaran penataan barang dagangan pada siswa kelas XI Jurusan Pemasaran di SMKN 1 Turen / Silvi Laili Ariski

Ariski, Silvi Laili (2018) Pengembangan e-module dengan menggunakan aplikasi flip builder pada mata pelajaran penataan barang dagangan pada siswa kelas XI Jurusan Pemasaran di SMKN 1 Turen / Silvi Laili Ariski. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ariski, Silvi Laili. 2018. Pengembangan E-Modul dengan Menggunakan Aplikasi Flip Builder Pada Mata Pelajaran Penataan Barang Dagangan Pada Siswa Kelas Xi Jurusan Pemasaran di SMKN 1 Turen. Skripsi. Jurusan Manajemen. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Mohammad Hari, M.Si. Kata Kunci: E-modul, Flip Builder, Penataan Barang Dagangan Perkembangan teknologi dan informasi yang semakin cepat dan berkembang diperlukan seorang guru lebih berinovasi dan kreatif dalam merancang atau menyusun bahan ajar sesuai dengan perkembangan teknologi dalam dunia pendidikan. Salah satu perkembangan teknologi dalam dunia pendidikan diantaranya adalah modul elektronik (e-modul). E-modul dapat membuat kegiatan pembelajaran lebih menarik, interaktif dan mampu menyampaikan pesan secara historis dengan menggunakan video. Pengembangan e-modul dengan aplikasi Flip Builder bertujuan untuk : (1) Menghasilkan e-modul dengan aplikasi Flip Builder pada mata pelajaran Penataan Baranga Dagangan, (2) mengetahui kualitas e-modul dengan aplikasi Flip Builder berdasarkan validasi dari para ahli, (3) mengetahi respon siswa terhadap e-modul dengan aplikasi Flip Builder pada mata pelajaran Penataan Barang Dagangan. Pengembangan e-modul ini dilakukan dengan menggunakan model pengembangan Research and Development (Sugiyono, 2015:40). peneliti menggunakan 9 langkah yang telah disesuaikan dengan kondisi lapangan, keterbatasan waktu dan biaya. Adapun langkah-langkah yang digunakan yaitu: (1) Identifikasi potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi produk, (6) uji coba produk, (7) revisi produk 1, (8) uji coba pemakaian, (9) revisi produk 2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Hasil validasi media sebesar 96% dari ahli media I dengan kriteria sangat valid dan 97,33% dari ahli media II dengan kriteria sangat valid, sedangkan hasil validasi materi sebesar 91,43% dari ahli materi I dengan kriteria sangat valid dan 97,14% dari ahli materi II dengan kriteria sangat valid. Hasil perolehan tersebut dinyatakan bahwa e-modul dengan aplikasi Flip Builder yang dibuat layak dan dapat diterapkan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran Penataan Barang Dagangan. (2) Hasil validasi siswa uji coba terbatas rata-rata sebesar 86,25% dengan kriteria sangat positif, sedangkan uji coba lapangan didapatkan rata-rata sebesar 90,00% dengan kriteria sangat positif. Berdasarkan hasil tersebut dinyatakan bahwa respon siswa terhadap penggunaan e-modul dengan aplikasi Flip Builder pada mata pelajaran Penataan Barang Dagangan adalah sangat positif. Saran untuk pengembangan e-modul dengan aplikasi Flip Builder selanjutnya yaitu (1) agar materi yang disajikan pada e-modul dapat di update sesuai dengan perkembangan zaman, (2) e-modul dengan aplikasi Flip Builder dapat dikembangkan pada mata pelajaran yang lain, dan (3) e-modul dengan aplikasi Flip Builder dapat digunakan melalui android tanpa batuan aplikasi lain. 1

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28115

Actions (login required)

View Item View Item