Pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif menggunakan Prezi pada mata pelajaran Prinsip-prinsip Bisnis (studi pada Siswa kelas XII Jurusan Pemasaran di SMK Negeri 1 Turen) / Ririn Ashviatul Imroah

Imroah, Ririn Ashviatul (2018) Pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif menggunakan Prezi pada mata pelajaran Prinsip-prinsip Bisnis (studi pada Siswa kelas XII Jurusan Pemasaran di SMK Negeri 1 Turen) / Ririn Ashviatul Imroah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Imroah, Ririn Ashviatul. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Menggunakan Prezi Pada Mata Pelajaran Prinsip-Prinsip Bisnis (Studi Pada Siswa Kelas XII Jurusan Pemasaran Di SMK Negeri 1 Turen). Skripsi. Jurusan Manajemen. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing : Dr. Djoko Dwi Kusumajanto, M.Si Kata Kunci : Media Pembelajaran, Prezi Media pembelajaran adalah alat bantu mengajar untuk menyampaikan materi yang bertujuan supaya pesan lebih mudah diterima dan menjadikan siswa lebih termotivasi dan aktif. Penggunaan media sangat dibutuhkan supaya siswa dapat memahami materi dan sesuai dengan yang disampaikan oleh guru. Salah satu media pembelajaran adalah media presentasi dengan menggunakan software prezi. Software Prezi merupakan salah satu software yang dapat digunakan sebagai media pendukung untuk presentasi. Berbeda dengan powerpoint, software prezi memiliki keunggulan Zooming User Interface (ZUI), yang memungkinkan pengguna prezi untuk memperbesar dan memperkecil tampilan media presentasi. Selain itu tampilan tema yang disediakan oleh prezi lebih variatif sehingga pengguna dapat mendesain setiap slide presentasinya lebih menarik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Tahapan penelitian yang digunakan mengacu pada langkah-langkah penelitian dan pengembangan (R&D) yang dikembangan oleh Sugiyono, yaitu: (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba produk, (7) revisi produk I, (8) uji coba pemakaian, (9) revisi produk II, (10) produk akhir. Peneliti menggunakan angket untuk mengetahui presentase penilaian layak atau tidaknya produk dan respon siswa terhadap produk. Lembar angket diberikan kepada ahli media, ahli materi, dan siswa. Selanjutnya data kuantitatif dan kualitatif yang telah dikumpulkan dianalisis. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data secara deskriptif. Hasil analisis data yang diperoleh dari validasi ahli media adalah 93,33% dan validasi ahli materi adalah 91,67%. Respon siswa ketika uji coba produk pada kelompok terbatas sebesar 79,21% dan pada tahap uji coba pemakaian adalah 87,13%. Berdasarkan hasil tersebut maka media yang dikembangkan dinyatakan sangat layak dan dapat digunakan dalam pembelajaran. Kesimpulan penelitian ini adalah menghasilkan produk media pembelajaran berbasis multimedia interaktif menggunakan prezi yang layak pada kompetensi dasar mendeskripsikan dan mengelola penjualan berasaskan basis data untuk siswa kelas XII Jurusan Pemasaran di SMK Negeri 1 Turen. Saran untuk pengembangan lebih lanjut diharapkan dapat membuat produk yang lebih menarik pada mata pelajaran dan kompetensi dasar lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28113

Actions (login required)

View Item View Item