Pengaruh pengalaman praktik kerja industri, prestasi belajar mata diklat produkif, dan motivasi memasuki dunia kerja terhadap kesiapan kerja (studi pada siwa kelas XII Jurusan Pemasaran SMKN 1 Turen Kabupaten Malang) / Choirun Nisa'

Nisa', Choirun (2018) Pengaruh pengalaman praktik kerja industri, prestasi belajar mata diklat produkif, dan motivasi memasuki dunia kerja terhadap kesiapan kerja (studi pada siwa kelas XII Jurusan Pemasaran SMKN 1 Turen Kabupaten Malang) / Choirun Nisa'. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK NisaÔÇÖ, C. 2018. Pengaruh Pengalaman Praktik Kerja Industri, Prestasi Belajar Mata Diklat Produktif dan Motivasi Memasuki Dunia Kerja terhadap Kesiapan Kerja Siswa (Studi pada Siswa Kelas XII Jurusan Pemasaran SMKN 1 TUREN Kabupaten Malang). Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Djoko Dwi Kusumajanto, M.Si. Kata Kunci: pengalaman prakerin, prestasi belajar, motivasi memasuki dunia kerja, kesiapan kerja Pengangguran adalah sebuah permasalahan sosial yang harus diatasi dengan meningkatkan kesiapan kerja melalui dunia pendidikan. SMK adalah sebuah lembaga pendidikan yang dipersiapkan untuk mencetak lulusan yang siap untuk bekerja. Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kesiapan kerja diantaranya adalah pengalaman praktik kerja industri, prestasi belajar mata diklat produktif, motivasi memasuki dunia kerja. Tujuan penelitian: (1) deskripsi pengalaman prakerin, (2) deskripsi prestasi belajar mata diklat produktif, (3) deskripsi motivasi memasuki dunia kerja, (4) deskripsi kesiapan kerja, (5) pengaruh pengalaman prakerin, prestasi belajar mata diklat produktif, dan motivasi memasuki dunia kerja secara parsial terhadap kesiapan kerja, (6) pengaruh dominan diantara variabel pengalaman prakerin, prestasi belajar mata diklat produktif, dan motivasi memasuki dunia kerja terhadap kesiapan kerja. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif explanatory dan ex-post facto dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Variabel bebas yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengalaman prakerin (X1), prestasi belajar mata diklat produktif (X2), dan motivasi memasuki dunia kerja (X3) dengan variabel terikat adalah kesiapan kerja (Y). Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XII jurusan pemasaran di SMK Negeri 1 Turen Kabupaten Malang yang berjumlah 68 siswa dengan sampel 58 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah proportional simple random sampling. Skala yang digunakan adalah skala Likert dengan 5 opsi jawaban. Teknik pengumpulan data menggunakan metode kuesioner dan metode dokumentasi. Uji kelayakan instrumen yang digunakan adalah uji validitas dan uji reliabilitias. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Sebelum melakukan analisis regresi linier berganda terdapat 3 uji asumsi klasik yang digunakan, yaitu uji normalitas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas. Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa: (1) pengalaman praktik kerja industri dalam kategori tinggi/baik; (2) prestasi belajar mata diklat produktif dalam kategori tinggi/baik; (3) motivasi memasuki dunia kerja dalam kategori sangat tinggi/sangat baik; (4) variabel kesiapan kerja dalam kategori sangat baik. Hasil uji asumsi klasik menunjukkan bahwa: (1) model regresi memenuhi asumsi normalitas; (2) model regresi tidak terjadi multikolinearitas; (3) model regresi tidak terjadi heteroskedastisitas. Uji hipotesis/uji t menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang positif namun tidak signifikan antara variabel pengalaman praktik kerja industri terhadap kesiapan kerja peserta didik; (2) tidak terdapat ii pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel prestasi belajar mata diklat produktif terhadap kesiapan kerja peserta didik; (3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel motivasi memasuki dunia kerja terhadap kesiapan kerja peserta didik. Perhitungan sumbangan efektif menunjukkan bahwa variabel motivasi memasuki dunia kerja adalah variabel dominan yang berpengaruh terhadap kesiapan kerja. Berdasarkan hasil analisis pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa secara parsial pengalaman praktik kerja industri berpengaruh secara positif namun tidak signifikan terhadap kesiapan kerja, hasil ini berbeda dengan hasil penelitian sebelumnya bisa karena perbedaan karakteristik responden dan perbedaan lingkungan tempat dimana siswa melaksanakan prakerin. Selanjutnya prestasi belajar mata diklat produktif tidak berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kesiapan kerja, hasil ini juga berbeda dengan hasil penelitian sebelumnya bisa karena perbedaan karakteristik responden. Sedangkan motivasi memasuki dunia kerja berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kesiapan kerja, hasil ini sesuai dengan penelitian yang telah dilakukan sebelumnya. Nilai Adjusted R Square sebesar 0,222 artinya sebanyak 22,2% kesiapan kerja dipengaruhi oleh pengalaman praktik kerja industri, prestasi belajar mata diklat produktif, dan motivasi memasuki dunia kerja. Sisanya sebesar 77,8% diduga dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan: (1) bagi kepala sekolah diharapkan dapat mempertahankan pencapaian dengan cara selalu memperbaiki kualitas pembelajaran yang ada di sekolah serta menjalin kerjasama yang baik dengan mitra pasangan sekolah (DU/DI); (2) Bagi guru mata pelajaran produktif diharapkan dapat mempertahankan kondisi prestasi belajar mata diklat produktif peserta didik yang berada pada kategori tinggi/baik; (3) bagi penanggung jawab prakerin diharapkan dapat tetap menjalin kerjasama yang baik dengan mitra pasangan (DU/DI) ; (4) bagi peserta didik diharapkan terus melakukan evaluasi diri dan terus meningkatkan kualitas diri melalui pengembangan keterampilan dan pengetahuan; (5) bagi peneliti selanjutnya diharapkan mampu melakukan sebuah penelitian tentang variabel lain yang dapat mempengaruhi kesiapan kerja, seperti informasi dunia kerja, lingkungan keluarga, spesialisasi keahlian serta minat dan orientasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28112

Actions (login required)

View Item View Item