Pengembangan media pembelajaran berbasis sparkol videoscribre pada mata pelajaran kewirausahaan kelas XI di SMK Muhammadiyah 2 Malang / Debhy Ridho Wirawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran berbasis sparkol videoscribre pada mata pelajaran kewirausahaan kelas XI di SMK Muhammadiyah 2 Malang / Debhy Ridho Wirawan

Wirawan, Debhy Ridho (2018) Pengembangan media pembelajaran berbasis sparkol videoscribre pada mata pelajaran kewirausahaan kelas XI di SMK Muhammadiyah 2 Malang / Debhy Ridho Wirawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Wirawan Debhy Ridho. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Sparkol Videoscribe Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan Kelas XI Di SMK Muhammadiyah 2 Malang. Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. H. Agung Winarno M.M. Kata Kunci Media Pembelajaran Sparkol Videoscribe Kewirausahaan Media pembelajaran adalah alat bantu yang sengaja digunakan sebagai perantara penyampaian informasi antara guru dan siswa dalam memahami materi pelajaran agar lebih efektif dan efisien. Dalam proses kegiatan belajar kehadiran media pembelajaran sangat membantu karena ketidak jelasan atau kerumitan dalam materi yang akan disampaikan oleh guru dapat dibantu dalam kehadiran media sebagai perantara. Dalam proses pembelajaran media yang digunakan hanya sebatas pada handout yang dibagikan oleh guru saat kegiatan pembelajaran dan dikumpulkan kembali saat pelajaran selesai terutama pada mata pelajaran kewirausahaan. Berdasarkan observasi dan wawancara pada guru dan siswa di SMK Muhammadiyah 2 Malang siswa masih membutuhkan media yang lebih membangkitkan semangat untuk aktif dalam belajar dengan cara pemutaran video pembelajaran. Oleh karena itu tujuan penelitian ini untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis sparkol videoscribe yang layak pada Kompetensi Dasar Menganalisis Strategi Pemasaran Dari Produk atau Jasa Yang Dihasilkan pada Mata Pelajaran Kewirausahaan untuk dimanfaatkan sebagai salah satu media pembelajaran alternatif dalam kegiatan pembelajaran. Model yang digunakan dalam pemgembangan media pembelajaran kewirausahaan berbasis sparkol videoscribe adalah model R D (Borg and Gall)dalam bukunya Sugiyono meliputi 8 tahap yaitu (1) Potensi dan masalah (2) Pengumpulan data (3) Desain produk (4) Validasi desain (5) Revisi desain (6) Uji coba produk (7) Revisi (8) Produk akhir. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah wawancara dan angket. Jenis data yang diperoleh adalah berupa data kualitatif dan kuantitatif. Hasil analisis media pembelajaran berbasis Sparkol Videoscribe menunjukkan skor hasil validasi ahli media sebesar 91 67% termasuk dalam kategori valid dan ahli materi menunjukkan skor sebesar 91 67% termasuk dalam kategori valid. Uji coba produk memperoleh hasil 88 1% termasuk dalam kategori valid uji coba masal memperoleh hasil 84 44% termasuk dalam kategori valid. Hal ini dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis sparkol videoscribe pada mata pelajaran kewirausahaan kelas XI di SMK Muhammadiyah 2 Malang valid dan layak untuk digunakan dalam proses kegiatan pembelajaran di kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Apr 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28110

Actions (login required)

View Item View Item