Analisis kepuasan pengguna lulusan Jurusan Pemasaran Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Magetan / Leiliya Ayu Kartikasari

Kartikasari, Leiliya Ayu (2018) Analisis kepuasan pengguna lulusan Jurusan Pemasaran Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Magetan / Leiliya Ayu Kartikasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kartikasari Leiliya Ayu. 2017. Analisis Kepuasan Pengguna Lulusan Jurusan Pemasaran SMK Negeri 1 Magetan. Skripsi. Program Studi S-1 Pendidikan Tata Niaga Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Djoko Dwi Kusumajanto M.Si Kata kunci Kepuasan Pengguna Lulusan SMK Negeri 1 Magetan Program Keahlian Pemasaran Kepuasan merupakan sesuatu yang penting dalam sebuah organisasi. Begitu pula dalam dunia pendidikan. Kepuasan pengguna lulusan dalam pendidikan akan menjadi tolok ukur kinerja lulusan sebuah sekolah serta membantu permasalahan pengangguran. Informan dalam penelitian ini adalah pengguna lulusan SMK Negeri 1 Magetan atau pemilik usaha dan alumni SMK Negeri 1 Magetan. Melalui pemilik usaha kepuasan penggun lulusan dapat diketahui karena lulusan SMK Negeri 1 Magetan bekerja di tempat pemilik usaha tersebut sehingga pemilik usaha dapat memberikan gambaran tentang kepuasan menggunakan lulusan SMK Negeri 1 Magetan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti yang keterlibatannya sebagai pengamat penuh. Peneliti juga berperan perencana tindakan pengumpulan data penganalisis data sekaligus pembuat laporan hasil penelitian. Keabsahan data dilakukan triangulasi sumber data dan triangulasi metode dengan cara membandingkan dan pengecekan antara sumber data observasi wawancara serta dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan (1) hasil wawancara dengan pengguna lulusan menyatakan puas dengan kinerja lulusan SMK Negeri 1 Magetan Program Keahlian Pemasaran. Tingkat kepuasan pengguna lulusan ada dua faktor yaitu konsumen tidak ada yang mempermasalahkan kinerja lulusan dan kinerja lulusan sesuai dengan apa yang dikehendaki pemilik usaha. (2) dalam mengukur relevansi kompetensi dengan bidang pekerjaan ada dua hal pertama kesamaan kompetensi dengan bidang pekerjaannya kedua dilihat dari seberapa besar kompetensi tersebut dimanfaatkan lulusan saat bekerja. Kerelevansian tersebut dapat dilihat dari tugas dan tanggung jawab yang sesuai dengan kompetensi lulusan. Saran yang dapat direkomendasikan dari hasil penelitian adalah Kepada kepala sekolah (1) pihak sekolah segera memperbarui data alumni untuk mengetahui keberadaan tempat kerja alumni untuk perbaikan kurikulum kompetensi maupun silabus pelajaran. (2) Sekolah seharusnya menambah kerjasama dengan pihak DU/DI yang ada di Magetan maupun yang lain agar siswa-siswi yang nantinya lulus cepat mendapat kerja agar tidak terjadi pengangguran. Kepada pihak Dunia Usaha atau Dunia Industri (1) Dunia Usha ii atau Dunia Industri harusnya welcome atau berpartisipasi dengan adanya SMK atau lulusan SMK yang akan bekerja. (2) Dunia Usaha atau Dunia Industri seharusnya memiliki program beasiswa untuk siswa SMK yang berpartisipasi atau memiliki potensi lebih. Kepada lulusan SMK Negeri 1 Magetan jurusan pemasaran (1) Lulusan seharusnya terus mengasah keahlian yang dimiliki walaupun keahlian tersebut tidak digunakan dalam pekerjaannya saat ini. (2) Lulusan akan lebih baik untuk selalu kreatif dalam menjalankan pekerjaannya sesuai keahlian yang dimiliki. (3) Sebaiknya lulusan yang sudah bekerja memberikan rekomendasi kepada adik-adik tingkat terkait pengalaman di dalam dunia kerja. Dengan cara melakukan sosialisasi kerja di SMK Negeri 1 Magetan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Mar 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28108

Actions (login required)

View Item View Item