Implementasi kebijakan program gerakan mageh padha sekolah (MPS) dalam mengatasi anak tidak Sekolah (ATS) di Wilayah Kabupaten Purbalingga / Areta Shabiha Rumekso - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi kebijakan program gerakan mageh padha sekolah (MPS) dalam mengatasi anak tidak Sekolah (ATS) di Wilayah Kabupaten Purbalingga / Areta Shabiha Rumekso

Rumekso, Areta Shabiha (2023) Implementasi kebijakan program gerakan mageh padha sekolah (MPS) dalam mengatasi anak tidak Sekolah (ATS) di Wilayah Kabupaten Purbalingga / Areta Shabiha Rumekso. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kajian ini bertujuan menganalisis program gerakan Mageh Padha Sekolah implementasi program gerakan Mageh Padha Sekolah serta hambatan dan solusi program Mageh Padha Sekolah dalam mengatasi anak tidak sekolah di wilayah Kabupaten Purbalingga. Kajian ini menggunakan metode kajian kualitatif dengan jenis kajian deskriptif. Data dalam kajian diperoleh melalui wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan teknik pereduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil kajian menunjukkan Mageh Padha Sekolah merupakan program yang dibuat oleh Pemerintah Kabupaten Purbalingga meliputi Bappelitbangda Dindikbud Kemenag dan Dinpermasdes untuk meningkatkan Indeks Pembangunan Masyarakat melalui pendidikan dan mengatasi anak tidak sekolah. Implementasi gerakan Mageh Padha Sekolah dilihat dari peran dan tugas masing-masing stakeholder tahap pelaksanaan Mageh Padha Sekolah dan pengembalian ATS ke sekolah meskipun pelaksanaannya belum optimal karena masih terdapat hambatan. Hambatan dan solusi dalam pelaksanaan Mageh Padha Sekolah yaitu peran dan tugas stakeholder yang belum maksimal solusinya perlu penguatan peran dan tugas situs Sistem Informasi Pembangunan Berbasis Masyarakat yang bermasalah solusinya perlu dibenahi anak tidak sekolah sulit termotivasi dan orang tua tidak responsif solusinya perlu sosialisasi pentingnya pendidikan serta industri yang membuka lowongan pekerjaan tanpa minimal ijazah SMA/sederajat solusinya tindakan tegas Pemerintah Kabupaten Purbalingga kepada industri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Mar 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/281051

Actions (login required)

View Item View Item