Praktik Gotong Royong sebagai Wujud Solidaritas dalam Kehidupan Bermasyarakat (Studi Kampung Pancasila Desa Nongkodono Kecamatan Kauman Kabupaten Ponorogo). - Repositori Universitas Negeri Malang

Praktik Gotong Royong sebagai Wujud Solidaritas dalam Kehidupan Bermasyarakat (Studi Kampung Pancasila Desa Nongkodono Kecamatan Kauman Kabupaten Ponorogo).

Gusrinda, Anisa Dwiki (2023) Praktik Gotong Royong sebagai Wujud Solidaritas dalam Kehidupan Bermasyarakat (Studi Kampung Pancasila Desa Nongkodono Kecamatan Kauman Kabupaten Ponorogo). Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan asal-usul dan wujud tradisi gotong royong mendeskripsikan perubahan dan kesinambungan pada praktik gotong royong serta mendeskripsikan manfaat dan dampak praktik gotong royong dalam kehidupan masyarakat di Kampung Pancasila Desa Nongkodono Kecamatan Kauman Kabupaten Ponorogo. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan melalui wawancara observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif yaitu reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah (1) Asal usul dan wujud tradisi gotong royong yang diwariskan secara turun temurun telah menjadi budaya leluhur kehidupan masyarakat. Wujud praktik gotong royong di Kampung Pancasila Desa Nongkodono berjalan dengan baik melalui kerja sama antara pemerintah desa dan masyarakat. Gotong royong di Kampung Pancasila Desa Nongkodono terbagi dalam dua bentuk meliputi gotong royong menolong dan kerja bakti. (2) Perubahan dan kesinambungan pada praktik gotong royong karena perubahan sosial terjadi sesuai kebutuhan keadaan baru serta proses perkembangan suatu masyarakat dengan tujuan mencapai sesuatu. (3) Manfaat dan dampak praktik gotong royong agar pekerjaan dengan mudah terselesaikan tanpa mengeluarkan banyak dana kehidupan lebih teratur dan terciptanya kebersamaan sehingga berdampak mempersatukan masyarakat dari setiap kegiatan yang ada.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GT Manners and customs
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Mar 2023 04:29
Last Modified: 11 Oct 2023 02:26
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/281049

Actions (login required)

View Item View Item