Hubungan antara kesadaran politik dengan tingkat partisipasi politik masyarakat dalam pemilihan Kepala Desa (studi Masyarakat Desa Tumapel Kecamatan Dlanggu Kabupaten Mojokerto) / Windy Bethari Dwi Regta - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara kesadaran politik dengan tingkat partisipasi politik masyarakat dalam pemilihan Kepala Desa (studi Masyarakat Desa Tumapel Kecamatan Dlanggu Kabupaten Mojokerto) / Windy Bethari Dwi Regta

Regta, Windy Bethari Dwi (2023) Hubungan antara kesadaran politik dengan tingkat partisipasi politik masyarakat dalam pemilihan Kepala Desa (studi Masyarakat Desa Tumapel Kecamatan Dlanggu Kabupaten Mojokerto) / Windy Bethari Dwi Regta. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kajian ini bertujuan untuk menjelaskan kesadaran politik tingkat partisipasi politik dan hubungan antara kesadaran politik dengan tingkat partisipasi politik masyarakat Desa Tumapel dalam pemilihan kepala desa 2019. Penelitian ex post facto dengan pendekatan kuantitatif merupakan metode yang digunakan dalam penelitian ini. Populasi penelitian sejumlah 1472 jiwa yang merupakan masyarakat Desa Tumapel yang telah mempunyai hak pilih sah dan terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) 2019 Desa Tumapel. Sampel berjumlah 100 jiwa dipilih dengan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan mengunakan kuesioner. Kuesioner digunakan untuk mengukur kesadaran politik dan partisipasi politik masyarakat. Teknik analisis data yang digunakan yaitu korelasi sederhana dengan bantuan aplikasi SPSS Versi 16.0. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kesadaran politik masyarakat tinggi (71%) tingkat partisipasi masyarakat tinggi (81%) dan kesadaran politik memiliki hubungan yang kuat dengan tingkat partisipasi politik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Jan 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/281041

Actions (login required)

View Item View Item