Rahmadani, Rizki Amalia (2023) Implementasi SAMU SAKA (Satu Murid, Satu Karya) sebagai persiapan penerapan kurikulum merdeka dalam Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila di SMKN 1 Batu / Rizki Amalia Rahmadani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan memperoleh informasi tentang implementasi SAMU SAKA (Satu Murid Satu Karya) sebagai persiapan penerapan Kurikulum Merdeka dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila di SMKN 1 Batu. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan 3 tahap yaitu reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi sumber dan triangulasi teknik pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan terdapat program SAMU SAKA (Satu Murid Satu Karya) yang dibuat oleh guru Pendidikan Pancasila. Guru Pendidikan Pancasila SMKN 1 Batu memiliki pandangan bahwa program SAMU SAKA (Satu Murid Satu Karya) tersebut merupakan implementasi dari Kurikulum Merdeka dan merupakan contoh kebebasan guru dalam menentukan model pembelajaran yang dianggap sesuai dengan lingkungan sekolah. Adapun kendala dalam pelaksanaannya yaitu guru belum melakukan perubahan sesuai dengan pedoman kurikulum merdeka kurangnya sosialisasi pada peserta didik serta terbatasnya sarana prasarana sekolah. Solusi dalam mengatasi kendala tersebut yaitu dengan mengikuti workshop atau pelatihan mengadakan sosialisasi Kurikulum Merdeka kepada peserta didik serta memperbaiki sarana prasarana sekolah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 27 Jan 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/281040 |
Actions (login required)
View Item |