Pengaruh kualitas layanan akademik terhadap loyalitas siswa (studi pada SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang) / Winur Wulan Miranti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kualitas layanan akademik terhadap loyalitas siswa (studi pada SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang) / Winur Wulan Miranti

Miranti, Winur Wulan (2017) Pengaruh kualitas layanan akademik terhadap loyalitas siswa (studi pada SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang) / Winur Wulan Miranti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Miranti W.M. 2017. Pengaruh Kualitas Layanan Akademik Terhadap Loyalitas Siswa(Studi Pada SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. H. Gatot Isnani M.Si. Kata Kunci kualitas layanan akademik loyalitas siswa Pertumbuhan lembaga pendidikan saat ini sangatlah pesat bisa dilihat daribanyaknya lembaga-lembaga pendidikan khususnya dalam memasuki sekolah menengah atas dimana banyak lembaga pendidikan yang siap bersaing. Persaingan yang terjadi dalam dunia pendidikan itu sendiri sangatlah ketat. Dalam hal ini menuntut lembaga khususnya di dunia pendidikan untuk mengedepankan dan meningkatkan kualitas layanan jasa khususnya dalam layanan akademik (reliability responsiveness assurance emphaty dan tangibles). Siswa merupakan target awal bagi terciptanya kepuasan serta loyalitas dari layanan yang diberikan termasuk dalam dunia pendidikan. Kualitas layanan jasa khususnya di bidang akademik yang diberikan dan diterapkan oleh lembaga pendidikan itu sendiri harus terarah sehingga akan tercipta loyalitas siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif yang bersifat deskriptif dan explanatory dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Variabel bebas yang terdiri dari reliability (X1) responsiveness (X2) assurance (X3) emphaty (X4) dan tangibles (X5) dengan variabel terikat dalam penelitian ini adalah loyalitas siswa (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII di SMA Laboratorium UM dengan jumlah seluruhnya 260 siswa dan sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan menggunakan rumus Isaac dan Michael sehinggaterdapat 180 siswa dinyatakan sebagai sampel. Pengambilan sampel menggunakanteknik propotional random sampling. Skala dalam penelitian ini menggunakan skala Likertdengan 5 opsi jawaban yaitu Sangat Setuju Setuju Cukup Setuju Tidak Setuju dan Sangat Tidak Setuju. Jenis skala dalam penelitian ini adalah skala ordinal yang ditingkatkan menjadi skala interval melalui MSI (Method of Successive Interval). Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari responden langsung dan data sekunder yang diperoleh dari wawancara tidak terstruktur dengan Koordinator Bidang Akademik Humas P2LP dan juga Tata Usaha SMA Lab UM. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner wawancara tidak terstruktur dan juga dokumentasi. Uji kelayakan instrumen yang dilaksanakan adalah uji validitas dan reliabilitas. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dengan persentase distribusi frekuensi dan analisis regresi linier berganda. Sebelum melakukan analisis regresi linier berganda dilakukan uji asumsi klasik terlebih dahulu yaitu dengan menggunakan uji normalitas multikolinearitas dan uji heteroskedastisitas. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa (1) reliabilitydalam klasifikasi baik (2) responsivenessdalam klasifikasi baik (3) assurance dalam klasifikasi baik (4) emphaty dalam klasifikasi baik (5) tangibles dalam klasifikasi baik dan (6) loyalitas siswa dalam klasifikasi baik. Hasil uji asumsi klasik menunjukkan bahwa (1) model regresi dalam penelitian ini memenuhi asumsi normalitas terlihat pada titik-titik yang menyebar di sekitar garis dan mengikuti pola garis diagonal pada grafik P-P Plot of Regression Standardized Residual (2) model regresi dalam penelitian ini tidak terjadi multikolinearitas yang terlihat pada nilai Tolerance 8804 0 10 atau sama dengan VIF 8805 10 (3) model regresi dalam penelitian ini tidak terjadi heteroskedastisitas terlihat pada grafik Scatterplotyang menunjukkan titk-titik menyebar secara acak di atas dan di bawah angka 0 pada sumbu Y serta tidak membentuk suatu pola tertentu. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa (1) tidak ada pengaruh positif dan signifikan antara reliability terhadap loyalitas siswa (2) tidak ada pengaruh yang positif dan signifikan antara responsiveness terhadap loyalitas siswa (3) ada pengaruh positif dan signifikan antara assurance terhadap loyalitas siswa (4) tidak ada pengaruh positif dan signifikan antara emphaty terhadap loyalitas siswa (5) tidak ada pengaruh positif dan signifikan antara tangibles terhadap loyalitas siswa. nilai Adjusted R Square sebesar 0 290 yang menunjukkan bahwa 29 00% loyalitas siswa dipengaruhi oleh variabel reliability responsiveness assurance emphaty dan tangibles selebihnya sebesar 71 00% dapat dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini sepertikompetensi akses kesopanan (courtesy) komunikasi kredibilitas keamanan kinerja daya tahan (durability) dan serviceability. Hasil perhitungan sumbangan efektif menunjukkan bahwa assurance merupakan variabel dominan yang mempengaruhi loyalitas siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti menyarankan (1) Bagi Pimpinan SMA Lab UM diharapkan bisa meningkatkan kualitas layanan akademik terkait reliability responsiveness assurance emphaty dan tangibles agar mampu memberikan kepuasan terhadap siswa sehingga siswa di sini tidak hanya menikmati layanan akademik yang diberikan sekolah akan tetapi siswa juga loyal terhadap SMA Lab UM (2) Bagi Guru SMA Lab UM harus bisa memahami apa yang jadi keinginan siswa. Guru harus lebih melakukan pendekatan personal kepada siswa terutama pada siswa yang lemah dalam pelajaran. Guru harus lebih antusias dalam merespon siswa yang mengalami kesulitan (3) Bagi Tenaga Administrasi SMA Lab UMdiharapkan lebih bersikap ramah menunjukkan sifat sopan ramah dengan selalu senyum cepat tanggap dan bisa diandalkan dalam melayani kebutuhan siswa (4) Bagi Siswa SMA Lab UM hendaknya siswa lebih memiliki semangat dan motivasi yang tinggi untuk belajar karena sekolah telah berusaha dan memfasilitasi kebutuhan siswa dengan adanya keandalan daya tanggap jaminan dan empati yang diberikan pihak sekolah terutama untuk program ekstrakurikuler dan juga global learning (5) Bagi Peneliti Selanjutnyadiharapkan mampu mengembangkan penelitian terutama dalam meneliti tentang kualitas layanan akademik SMA Lab UM dengan menggunakan variabel lain seperti kompetensi akses kesopanan (courtesy) komunikasi kredibilitas keamanan kinerja daya tahan (durability) dan serviceability.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Oct 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28104

Actions (login required)

View Item View Item