Kesenian hadrah ahbabul mustofa sebagai media penguatan karakter religius dan komunikatif Masyarakat Dusun Sumbertani Desa Mojorejo Kecamatan Pungging Kabupaten Mojokerto / Farin Habillah Ainayah - Repositori Universitas Negeri Malang

Kesenian hadrah ahbabul mustofa sebagai media penguatan karakter religius dan komunikatif Masyarakat Dusun Sumbertani Desa Mojorejo Kecamatan Pungging Kabupaten Mojokerto / Farin Habillah Ainayah

Ainayah, Farin Habillah (2022) Kesenian hadrah ahbabul mustofa sebagai media penguatan karakter religius dan komunikatif Masyarakat Dusun Sumbertani Desa Mojorejo Kecamatan Pungging Kabupaten Mojokerto / Farin Habillah Ainayah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

kajian ini bertujuan untuk menjelaskan penampilan kesenian Hadrah Ahbabul Mustofa dan hasil penampilan kesenian Hadrah Ahbabul Mustofa sebagai media penguatan karakter religius dan komunikatif masyarakat Dusun Sumbertani Desa Mojorejo Kecamatan Pungging Kabupaten Mojokerto. Jenis penelitian yang digunakan yakni kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini berupa wawancara observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui tiga tahap yakni reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan pada penelitian ini menggunakan teknik ketekunan pengamatan dan triangulasi sumber.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Kesenian Hadrah Ahbabul Mustofa memiliki tiga kegiatan antara lain kegiatan latihan kegiatan rutinan dan kegiatan event 2) Penguatan karakter religius dalam kesenian Hadrah Ahbabul Mustofa dibentuk melalui lantunan sholawat makna lirik sholawat dan aktif dalam kegiatan keagamaan yang mengandung nilai ibadah nilai akidah serta nilai akhlak. 3) Penguatan karakter komunikatif dalam kesenian Hadrah Ahbabul Mustofa dibentuk melalui latihan dan kegiatan sehingga terbentuk keberanian tampil di depan forum berani mengemukakan pendapat dengan bahasa yang baik dan sopan mampu mempertahankan argumentasi serta berani mengajukan diri dalam beberapa kegiatan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/281035

Actions (login required)

View Item View Item