Pengaruh strategi pembelajaran index card match terhadap keaktifan dan pemahaman siswa dalam pembelajaran PPKN di SMA N 01 Tumpang / Aulia Umi Nabila - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh strategi pembelajaran index card match terhadap keaktifan dan pemahaman siswa dalam pembelajaran PPKN di SMA N 01 Tumpang / Aulia Umi Nabila

Nabila, Aulia Umi (2022) Pengaruh strategi pembelajaran index card match terhadap keaktifan dan pemahaman siswa dalam pembelajaran PPKN di SMA N 01 Tumpang / Aulia Umi Nabila. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penerapan strategi pembelajaran yang inovatif serta berorientasi pada siswa berakibat pada tingginya motivasi dan keaktifan yang akan mempengaruhi pemahaman siswa. Pemilihan strategi yang tepat berdampak pada kualitas pembelajaran sehingga peneliti mencoba menerapkan strategi index card match yang bertujuan meningkatkan keaktifan dan pemahaman siswa. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen jenis Quasi Experimen dengan desain Nonequivalent Kontrol Group Design. Subyek penelitian ini siswa kelas XI IPS 4 dan XI IPS 5. Teknik pengumpulan data menggunakan tes objektif lembar observasi dan dokumentasi. Instrument penelitian menggunakan lembar observasi keaktifan dan tes objektif. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan uji paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan (1) strategi pembelajaran index card match menggunakan kartu sebagai acuan dan dilaksanakan sesuai teori (2) keaktifan siswa sebelum diberikan perlakuan diperoleh total skor 58 pada kelas eksperimen dan 45 pada kelas kontrol. Kemudian saat diberikan perlakuan diperoleh total skor 221 pada kelas eksperimen dan 55 pada kelas kontrol (3) pemahaman siswa pada hasil pre-test untuk kelas eksperimen diperoleh rata-rata nilai 70 dan untuk kelas kontrol diperoleh rata-rata nilai 68 8. Kemudian pada hasil post-test pada kelas eksperimen diperoleh rata-rata nilai 81 dan pada kelas kontrol 76 (4) terdapat pengaruh strategi index card match terhadap keaktifan siswa dengan hasil uji paired sample t-test diperoleh signifikansi 0 001 lt 0 05 (5) terdapat pengaruh strategi index card match terhadap pemahaman siswa dengan hasil uji paired sample t-test diperoleh signifikansi 0 000 lt 0 05 dalam hal ini dapat disimpulkan terdapat pengaruh penerapan strategi index card match terhadap keaktifan dan pemahaman siswa pada pembelajaran PPKn. Berdasarkan temuan tersebut disarankan untuk menggunakan strategi index card match dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/281032

Actions (login required)

View Item View Item