Penerapan model pembelajaran project based learning untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas XI pada pembelajaran PKN di MA Bilingual Batu / Riska Endah Cahyani - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran project based learning untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas XI pada pembelajaran PKN di MA Bilingual Batu / Riska Endah Cahyani

Cahyani, Riska Endah (2022) Penerapan model pembelajaran project based learning untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas XI pada pembelajaran PKN di MA Bilingual Batu / Riska Endah Cahyani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan kajian ini untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas XI pada pembelajaran PKn di MA Bilingual Batu. Proses pembelajaran di MA Bilingual Batu pada mata pelajaran PKn masih dengan satu arah. Siswa belum berperan aktif dalam pembelajaran. Kajian ini dibahas mengenai penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) untuk meningkatkan keaktifan belajar dan hasil belajar siswa. Kajian ini mengacu pada Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Data dikumpulkan menggunakan teknik observasi tes dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keaktifan siswa meningkat sebesar 18 63% setelah penerapan pembelajaran PjBL. Proses ini diketahui dari indikator keaktifan siswa meliputi siswa memperhatikan materi yang diberikan guru ikut berdiskusi saat berkelompok berani bertanya mengemukakan pendapat dan menjawab pertanyaan. Hasil belajar juga meningkat sebesar 19 5% dapat diketahui dari rubrik penilaian hasil belajar meliputi kesesuaian tema materi keakuratan sumber referensi ketepatan pengumpulan tugas estetika dan kreativitas produk serta performance dan presentasi yang memenuhi kriteria ketuntasan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/281031

Actions (login required)

View Item View Item