Ulla, Anis Mas (2017) Analisis kompetensi pedagogik guru pada aspek pengembangan kurikulum terkait mata pelajaran yang diampu melalui rencana pelaksanaan pembelajaran (studi pada guru produktif pemasaran di SMK Negeri 1 Boyolangu Tulungagung) / Anis Mas Ulla. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Mas U Anis. 2017. Analisis Kompetensi Pedagogik Guru Pada Aspek Pengembangan Kurikulum Terkait Mata Pelajaran Yang Di Ampu Melalui Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Program Studi S1 Pendidikan Tata Niaga Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. H. Sutrisno M.M.. Kata Kunci Kompetensi Pegagogik Kurikulum Guru dan pengembangan kurikulum Kompetensi pedagogik merupakan kompetensi yang harus dimiliki oleh guru yang meliputi pemahaman wawasan atau landasan kependidikan pemahaman tentang peserta didik pengembangan kurikulum/silabus perancangan pembelajaran pelaksanaan pembelajaran yang mendidik dan dialogis evaluasi hasil belajar dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Salah satu tuntutan yang harus dipenuhi guru dalam kompetensi pedagogic adalah mengembangkan kurikulum terkait dengan mata pelajaran yang diampu. Oleh sebab itu dalam proses pembelajaran guru harus mampu untuk menyesuaikan kurikulum yang sudah ditetapkan pemerintah dengan kondisi siswa di sekolahnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencari kesenjangan antara tuntutan guru dalam memenuhi kompetensi pedagogic khususnya pada pengembangan kurikulum dengan realita yang ada dilapangan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kualitatif. Sasaran dari penelitian ini adalah guru produktif pemasaran yang ada di SMK Negeri 1 Boyolangu Tulungagung. Prosedur penelitian yang dilakukan adalah observasi awal pelaksanaan penelitian analisis data penarikan kesimpulan data dan pelaporan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) mengembangkan kurikulum terkait dengan mata pelajaran yang diampu dari ketiga subjek penelitian belum memahami mengenai prinsip-prinsip dalam pengembangan kurikulum dalam mengembangkan RPP hanya dalam konteks materi dan kegiatan pembelajaran yang dilakukan didalam kelas selain dari itu mereka mengandalkan tim MGMP di sekolah. 2) menentukan tujuan pembelajaran yang diampu dalam RPP dari ketiga subjek penelitian hanya 1 guru sudah menggunakan rumus SBCD dalam menentukan tujuan pembelajaran. 3) memberikan pengalaman belajar yang sesuai untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diampu semua subjek penelitian dalam memberikan pengalaman belajar kepada siswa menggunakan model pembelajaran kontekstual dengan menghadirkan kehidupan nyata dalam pembelajaran. 4) Memilih materi sesuai dengan tujuan dan pengalamana belajar siswa dalam memilih materi subjek penelitian banyak menggunakan jurnal jika diambil dari internet sisanya mengambil dari buku-buku yang berkaitan dengan pembelajaran yang mereka lakukan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 20 Oct 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/28103 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |