Strategi pembudayaan karakter peduli sosial melalui organisasi gemapedia bagi mahasiswa Universitas Negeri Malang / Ika Duwi Purnamasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Strategi pembudayaan karakter peduli sosial melalui organisasi gemapedia bagi mahasiswa Universitas Negeri Malang / Ika Duwi Purnamasari

Purnamasari, Ika Duwi (2022) Strategi pembudayaan karakter peduli sosial melalui organisasi gemapedia bagi mahasiswa Universitas Negeri Malang / Ika Duwi Purnamasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Strategi pembudayaan karakter peduli sosial selama ini hanya dijumpai di satuan pendidikan dasar jenjang sekolah dasar dan menengah. Kajian ini membahas mengenai strategi pembudayaan karakter peduli sosial di perguruan tinggi melalui organisasi GEMAPEDIA bagi Mahasiswa Universitas Negeri Malang. Pendekatan yang digunakan dalam kajian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Proses dalam mengumpulkan data dilakukan dengan tahapan wawancara observasi dan dokumentasi. Hasil kajian menunjukan bahwa dalam organisasi GEMAPEDIA terdapat nilai karakter peduli sosial kasih sayang tanggung jawab dan keserasian hidup. Nilai-nilai yang ada diaktualisasikan dalam strategi pembudayaan karakter peduli sosial melalui 3 cara diantaranya (1) pembiasaan (habituation) melalui budaya organisasi yang dapat terlihat dari interaksi antar sesama anggota interaksi antar lembaga atau organisasi yang bergerak dibidang yang sama dan interaksi saat pelaksanaan program kerja atau kegiatan (2) melalui program-program kerja yang disusun memuat pengajaran penelitian dan pengabdian dengan tujuan dan proses pelaksanaanya termuat nilai karakter peduli sosial dalam internal maupun eksternal organisasi (3) upaya mempertahankan nilai dalam organisasi dengan penjagaan dan kontrol nilai-nilai melalui monitoring dan evaluasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/281029

Actions (login required)

View Item View Item