Strategi penguatan pendidikan karakter siswa di SMK PGRI Wlingi / Novia Ardhana Darmaningtyas - Repositori Universitas Negeri Malang

Strategi penguatan pendidikan karakter siswa di SMK PGRI Wlingi / Novia Ardhana Darmaningtyas

Darmaningtyas, Novia Ardhana (2022) Strategi penguatan pendidikan karakter siswa di SMK PGRI Wlingi / Novia Ardhana Darmaningtyas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikan karakter penting untuk dimiliki oleh setiap siswa khususnya siswa SMK. Karakter siswa saat ini mengalami penurunan sehingga diperlukan adanya strategi yang tepat dalam penguatan pendidikan karakter di sekolah. Tujuan kajian ini adalah membahas mengenai strategi penguatan pendidikan karakter di SMK. Pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif digunakan dalam kajian ini dapat dijelaskan dengan deskripsi secara rinci dan mendalam. Analisis data interaktif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi wawancara dan dokumentasi. Hasil kajian menunjukkan bahwa strategi yang digunakan oleh SMK PGRI Wlingi dapat dilakukan melalui kegiatan bela negara dan melalui pembiasaan pada aktivitas di sekolah. Kegiatan bela negara wajib diikuti oleh seluruh siswa baru dan bekerja sama dengan TNI. Pembiasaan yang dilaksanakan yaitu internalisasi nilai karakter pada kurikulum melalui RPP dan media pembelajaran kegiatan intrakurikuler dan kegiatan ekstrakurikuler. Nilai yang diinternalisasikan yaitu nilai karakter religius integritas mandiri gotong royong dan nasionalis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/281024

Actions (login required)

View Item View Item