Nilai kerukunan dalam pelaksanaan Tradisi Ngrampet Dauhan di Desa Rejosari Kabupaten Blitar / Ifana Ade Pratiwi - Repositori Universitas Negeri Malang

Nilai kerukunan dalam pelaksanaan Tradisi Ngrampet Dauhan di Desa Rejosari Kabupaten Blitar / Ifana Ade Pratiwi

Pratiwi, Ifana Ade (2022) Nilai kerukunan dalam pelaksanaan Tradisi Ngrampet Dauhan di Desa Rejosari Kabupaten Blitar / Ifana Ade Pratiwi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kajian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan tradisi Ngrampet Dauhan serta mendeskripsikan wujud nilai kerukunan dalam pelaksanaan tradisi Ngrampet Dauhan di Desa Rejosari Kecamatan Wonodadi Kabupaten Blitar. Metode penelitian yang digunakan dalam kajian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Dalam penelitian ini peneliti mengamati mendokumentasikan melakukan wawancara dan menarik kesimpulan dari peristiwa yang ada di lapangan dengan model analisis Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tradisi Ngrampet Dauhan ini dilakukan sebagai bentuk penghormatan kepada Dewi Sri (Dewi Padi) dengan maksud supaya tanaman padi para petani dapat selamat dari hama dan mendapatkan hasil yang melimpah. Tradisi Ngrampet Dauhan juga berfungsi sebagai elemen pembangun dan perekat kerukunan antar masyarakat yang tercermin dari pelaksanaan gotong royong membersihkan sungai dan makan bersama. Sehingga dengan diadakannya kegiatan ini diharapkan dapat terbangun rasa persatuan harmonisasi dan menciptakan suasana yang damai aman tenteram serta rukun di lingkungan masyarakat Desa Rejosari Kecamatan Wonodadi Kabupaten Blitar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/281023

Actions (login required)

View Item View Item