Peran guru PPKN dalam penguatan pendidikan karakter pada peserta didik SMKN 1 Singosari / Ni'ma Maulida Lihusnia - Repositori Universitas Negeri Malang

Peran guru PPKN dalam penguatan pendidikan karakter pada peserta didik SMKN 1 Singosari / Ni'ma Maulida Lihusnia

Lihusnia, Ni'ma Maulida (2022) Peran guru PPKN dalam penguatan pendidikan karakter pada peserta didik SMKN 1 Singosari / Ni'ma Maulida Lihusnia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Salah satu tanda perubahan zaman adalah adanya perubahan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Diantara beberapa dampak dari perubahan zaman salah satunya adalah karakter seseorang. Karakter ini bersifat dinamis dan akan terus berkembang. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan bentuk peran guru PPKn dalam penguatan Pendidikan karakter pada peserta didik SMKN 1 Singosari mendeskripsikan kendala yang dialami dalam penguatan Pendidikan karakter serta upaya yang dilakukan untuk menangani kendala yang terjadi selama pelaksanaan penguatan Pendidikan karakter pada peserta didik SMKN 1 Singosari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif sehingga dalam pelaksanaanya peneliti terlibat secara aktif dengan situasi dan fenomena penguatan pendidikan karakter yang terjadi di sekolah. Hasil penelitian ini akan ditulis secara deskriptif terperinci dan mendalam. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa bentuk peran guru PPKn dalam penguatan pendidikan karakter pada peserta didik diwujudkan melalui berbagai program yang disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan peserta didik serta disesuaikan dengan kurikulum yang berlaku. Beberapa program tersebut diantaranya memaksimalkan peran guru PPKn memberikan pembelajaran yang kreatif dan inovatif menyesuaikan dengan perkembangan zaman membebaskan peserta didik dalam memilih media presentasi dan memberikan bimbingan konseling mengapresiasi prestasi peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/281021

Actions (login required)

View Item View Item