Pengembangan e-book komunikasi bisnis berbasis integrated holistic learning (studi kelas XI Jurusan Pemasaran SMK Negeri 1 Jombang) / Futikhatul Dea Maharani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-book komunikasi bisnis berbasis integrated holistic learning (studi kelas XI Jurusan Pemasaran SMK Negeri 1 Jombang) / Futikhatul Dea Maharani

Maharani, Futikhatul Dea (2017) Pengembangan e-book komunikasi bisnis berbasis integrated holistic learning (studi kelas XI Jurusan Pemasaran SMK Negeri 1 Jombang) / Futikhatul Dea Maharani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Maharani Futikhatul Dea. 2017. Pengembangan E-book Komunikasi Bisnis Berbasis Integreted Holistic Learning (Studi Kelas XI Jurusan Pemasaran SMK Negeri 1 Jombang). Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Tata Niaga Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Rachmad Hidayat S.Pd. M.Pd. Kata Kunci pengembangan e-book Integreted holistic learning Flipbook Komunikasi Bisnis Penelitian pengembangan bahan ajar dalam bentuk e-book berbasis Integreted Holistic Learning dengan memanfaatkan software Flipbook Maker Pro dilatar-belakangi oleh kurangnya ketersediaan bahan ajar yang sesuai dengan tuntutan Kurikulum 2013 dan perkembangan IPTEK pada mata pelajaran Komunikasi Bisnis di SMK Negeri 1 Jombang. Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah 1) menghasilkan produk pengembangan sebagai bahan ajar utama dalam pembelajaran berupa e-book Komunikasi Bisnis berbasis Integrated Holistic Learning untuk siswa kelas XI Pemasaran yang sesuai dengan Kurikulum 2013 dan perkembangan IPTEK dan 2) mengetahui bagaimana tanggapan siswa dan guru mengenai produk yang telah dikembangkan. Metode penelitian dan pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan desain penelitian ADDIE yang dikembangkan oleh Dick and Carey (1996) dan terdiri dari lima tahap yakni 1) analysis 2) design 3) development 4) implementation and 5) evaluation. Tahap analysis dilakukan melalui 1) observasi lapangan pada Kurikulum Mata Pelajaran Guru dan Siswa 2) studi literatur melalui penelitian sebelumnya dan teori-teori pendekatan pembelajaran 3) analisis dan solusi dimana dilakukan pendeskripsian dan analisis mengenai temuan di lapangan dan menawarkan alternatif pemecahan masalah. Design dilakukan dengan cara menyusun konsep dan rancangan pengembangan produk. Tahap development dilakukan melalui pembuatan produk sesuai dengan rancangan dan uji validitas produk oleh ahli beserta perbaikannya. Implementation dilakukan dengan cara menguji coba produk yang telah dibuat dan direvisi sebelumnya kepada siswa yang ditunjuk sebagai subjek uji coba dalam hal ini adalah siswa kelas XI Pemasaran 3 di SMK Negeri 1 Jombang. Evaluation dilakukan untuk mengetahui hasil penelitian dan respon terhadap produk yang telah dikembangkan. Hasil uji validitas oleh ahli menunjukkan tingkat validitas materi dalam e-book yang telah dikembangkan sebesar 97 931% dan tingkat validitas media 97 647%. Sedangkan uji validitas oleh praktisi menunjukkan tingkat validitas produk yang dikembangkan sebesar 100% dan hasil penelitian yang dilakukan kepada siswa dengan cara uji coba produk ke pengguna menunjukkan hasil 89 938%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa produk yang dikembangkan menunjukkan tingkat kelayakan rata-rata sebesar 96 379% atau dapat dikatakan sangat layak digunakan dalam pembelajaran dengan tingkat validitas sangat valid.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Oct 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28102

Actions (login required)

View Item View Item