Partisipasi masyarakat dalam mengelola Objek Wisata Hutan Bambu di Desa Sumbermujur Kecamatan Candipuro / Diccky Divani Tri Yudistira - Repositori Universitas Negeri Malang

Partisipasi masyarakat dalam mengelola Objek Wisata Hutan Bambu di Desa Sumbermujur Kecamatan Candipuro / Diccky Divani Tri Yudistira

Yudistira, Dickky Divani Tri (2022) Partisipasi masyarakat dalam mengelola Objek Wisata Hutan Bambu di Desa Sumbermujur Kecamatan Candipuro / Diccky Divani Tri Yudistira. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui mengenai proses lahirnya tempat wisata partisipasi masyarakat dalam proses pengelolaan Objek Wisata Hutan Bambu dan dampak ekonomi yang dirasakan masyarakat setelah dibukanya Objek Wisata Hutan Bambu. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data penelitian didapatkan melalui informan peristiwa dan dokumen. Prosedur pengumpulan data dilakukan melalui observasi wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Huberman melalui tahap pengumpulan data reduksi data dan penyajian data serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses lahirnya Objek Wisata Hutan Bambu karena partisipasi dari masyarakat Desa Sumbermujur melalui Pokdarwis Sabuk Semeru. Bentuk-bentuk partisipasi masyarakat Desa Sumbermujur dalam mengelola objek wisata tampak melalui partisipasinya berupa partisipasi pemikiran partisipasi harta benda partisipasi tenaga partisipasi kemahiran dan partisipasi sosial. Dampak ekonomi yang dirasakan adalah meningkatnya pendapatan masyarakat Desa Sumbermujur melalui aktivitas perdagangan dan sektor jasa di sekitar lokasi wisata.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Feb 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/281005

Actions (login required)

View Item View Item