Strategi Guru PPKN dalam menerapkan pendidikan karakter tanggung jawab melalui pembelajaran daring pada Siswa-Siswi SMP Negeri 1 Lawang / Tania Christina Herawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Strategi Guru PPKN dalam menerapkan pendidikan karakter tanggung jawab melalui pembelajaran daring pada Siswa-Siswi SMP Negeri 1 Lawang / Tania Christina Herawati

Herawati, Tania Christina (2022) Strategi Guru PPKN dalam menerapkan pendidikan karakter tanggung jawab melalui pembelajaran daring pada Siswa-Siswi SMP Negeri 1 Lawang / Tania Christina Herawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) di SMP Negeri 1 Lawang dalam menghadapi pandemi Covid-19. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru PPKn SMP Negeri 1 Lawang dan siswa kelas VII amp VIII. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran PPKn selama pandemi Covid-19 dilaksanakan secara daring dengan menggunakan platform atau aplikasi yang menunjang selama pembelajaran seperti grup WhatsApp Google Classroom dan Google Meet atau Zoom. Selain itu penerapan pendidikan karakter juga dirasakan jauh lebih sulit oleh para guru. Oleh karena itu guru PPKn menggunakan beberapa strategi untuk membentuk karakter siswa-siswi yang bertanggung jawab melalui pembelajaran daring seperti bekerjasama dengan orangtua dan menyediakan komputer dan fasilitas Wi-Fi atau hotspot bagi siswa-siswi. Dengan demikian pembelajaran PPKn dapat diselenggarakan dengan baik dan menjamin keselamatan siswa-siswi dalam menghadapi pandemi Covid-19.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/281002

Actions (login required)

View Item View Item