Pelaksanaan pendidikan karakter gotong royong melalui pembelajaran PPKN di SMA Negeri 01 Batu / Windi Dyah Priyana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pelaksanaan pendidikan karakter gotong royong melalui pembelajaran PPKN di SMA Negeri 01 Batu / Windi Dyah Priyana

Priyana, Windi Dyah (2022) Pelaksanaan pendidikan karakter gotong royong melalui pembelajaran PPKN di SMA Negeri 01 Batu / Windi Dyah Priyana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menanamkan pendidikan karakter gotong royong yang lambat laun melemah seiring dengan perkembangan teknologi. Tidak hanya itu penelitian ini diharapkan dapat mengembangkan sikap peduli siswa terhadap lingkungan sekitar. Serta peningkatan ilmu pengetahuan yang seimbang ini berarti tidak hanya mendidik siswa yang hanya cerdas tetapi juga berkarakter baik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru PPKn berperan aktif di dalam kelas. Cara guru PPKn di SMAN 01 dalam penguatan pendidikan karakter gotong royong dengan (1) Mengajarkan pendidikan gotong royong melalui kegiatan pembelajaran seperti pemberian tugas kelompok (2) Memberikan penguatan pendidikan karakter melalui pembiasaan sehari-hari (3) Menanamkan sikap peduli terhadap lingkungan sekitar kepada siswa SMAN 01 Batu. Serta cara guru SMAN 01 dalam meminimalisir permasalahan pendidikan karakter gotong royong yaitu dilakukan dengan menumbuhkan pemahaman dan kesadaran kesamaan kedudukan kepada siswa seperti kegiatan kerja bakti setiap hari jumat pembagian tugas kelompok dan masih banyak lagi. Pembelajaran yang mengedepankan nilai karakter tersebut berupaya untuk menambahkan wawasan atau pengetahuan siswa untuk tetap bersikap berperilaku dan bertindak sesuai dengan ilmu yang telah diberikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Dec 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/281001

Actions (login required)

View Item View Item