Pengaruh lingkungan belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen Kabupaten malang / Aghour Deuz Gardika - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh lingkungan belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen Kabupaten malang / Aghour Deuz Gardika

Gardika, Aghour Deuz (2017) Pengaruh lingkungan belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen Kabupaten malang / Aghour Deuz Gardika. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Gardika Aghour Deuz. 2017. Pengaruh Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen Kabupaten Malang. Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Sopiah M.Pd. M.M. Kata Kunci Lingkungan Keluarga Lingkungan Sekolah Lingkungan Masyarakat dan Prestasi Belajar Pendidikan memegang peranan yang sangat penting dalam meningkatkan sumber daya manusia yang berkualitas. Hal ini akan tercapai apabila proses belajar mengajar dilaksanakan secara efektif sehingga peranan pendidikan yang akan dicapai dapat optimal. Untuk mewujudkan peranan pendidikan maka dunia pendidikan atau sekolah-sekolah harus meningkatkan hasil belajar atau prestasi belajar karena setiap siswa mempunyai keterbatasan tertentu dalam hal kemampuan dan kesanggupan akan penguasaan materi maka prestasi belajar dapat mencerminkan hasil kreativitas guru pengetahuan kemampuan dan pemahaman siswa terhadap mata pelajaran yang dipelajari. Sehingga tinggi rendahnya kualitas pendidikan dapat dilihat dari prestasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan jenis penelitian Explanatory dan deskriptif. Lokasi penelitian ini terdapat di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen. Subjek yang diteliti dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X semua jurusan SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen yang berjumlah 170 peserta didik. Dalam penelitian ini jumlah anggota populasi lebih dari 100 maka anggota populasi yang di ambil untuk dijadikan sampel sebanyak 120. Metode pengambilan data menggunakan metode arisan atau lotre dan metode angket dengan menggunakan skala Likert. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Deskripsi lingkungan belajar keluarga lingkungan belajar sekolah lingkungan belajar masyarakat dan prestasi belajar siswa kelas X di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen yaitu Bedasarkan hasil distribusi frekuensi item pernyataan maka dapat disimpulkan bahwa lingkungan keluarga lingkungan sekolah lingkungan masyarakat dan Prestasi belajar masuk kategori baik. (2) Lingkungan keluarga pada siswa kelas X SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen hasilnya adalah ada hubungan secara parsial antara lingkungan keluarga dengan prestasi belajar. (3) Lingkungan sekolah pada siswa kelas X SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen hasilnya adalah ada hubungan secara parsial antara lingkungan sekolah dengan prestasi belajar. (4) Lingkungan masyarakat pada siswa kelas X SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen hasilnya adalah ada hubungan secara parsial antara lingkungan masyarakat dengan prestasi belajar. (5) Lingkungan keluarga lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat pada siswa kelas X SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen hasilnya adalah ada hubungan secara silmutan antara lingkungan keluarga lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat dengan prestasi belajar. Bedasarkan hasil penelitian ada beberapa saran yaitu (1) Peserta didik SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen diharapkan mempertahakan dan meningkatkan prestasi belajar dengan memperkaya dasar-dasar kewirausahaan baik melalui lingkungan keluarga lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat. (2) Hendaknya mempertahankan dan meningkatkan kondisi lingkungan sekolah secara optimal dengan memperhatikan menggunakan fasilitas belajar oleh tenaga pendidik dan peserta didik yang berhubungan dengan kegiatan belajar mengajar agar dapat menumbuhkan minat belajar supaya menghasilkan prestasi belajar yang baik. (3) Peneliti selanjutnya diharapkan bisa menambah variabel minat minat belajar dan motivasi belajar untuk memberikan kontribusi belajar terhadap variabel prestasi belajar karena minat belajar dan motivasi belajar yang baik akan meningkatkan perkembangan dan keinginan belajar siswa yang akan berdampak pada peningkatkan prestasi belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 Oct 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28100

Actions (login required)

View Item View Item