Mahardika, Rani (2012) Penggunaan mind mapping untuk meningkatkan keaktiffan dan hasil beajar ilmu pengetahun sosial (IPS) pada siswa kelas VA di SDN Tanjungrejo 5 Malang / Rani Mahardika. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci mind mapping keaktifan hasil belajar. Dalam meningkatkan mutu pendidikan perlu adanya proses pendidikan yang mampu menciptakan suasana yang PAKEM (Pembelajaran yang Aktif Kreatif dan Menyenangkan). Berdasarkan hasil wawancara yang peneliti lakukan di SDN Tanjungrejo 5 Malang guru menjelaskan bahwa terdapat beberapa permasalahan siswa kurang aktif dalam belajar seperti tidur-tiduran saat pembelajaran dan siswa cenderung tidak memperhatikan pelajaran contohnya siswa lebih suka mengobrol sendiri dengan teman sebangkunya sehingga nilai hasil belajar siswa kelas VA berada dibawah standar kelulusan minimal khususnya pada mata pelajaran IPS materi pokok peninggalan-peninggalan sejarah Islam di Indonesia. Hal tersebut dikarenakan pembelajaran yang dilakukan oleh guru kurang melibatkan siswa dan pembelajaran kurang menarik sehingga siswa kurang aktif dan cenderung tidak memperhatikan pelajaran. Pada mata pelajaran IPS (Sejarah) setiap jenjang hasil belajar siswa di bawah standar kelulusan minimal. Sehingga perlu adanya pembelajaran yang dapat menyerap informasi agar pembelajaran lebih mudah ditangkap diikuti diolah disimpan diproses dan mudah diingat. Mind mapping merupakan cara mencatat tingkat tinggi mengembangkan gaya belajar visual yang melibatkan otak kiri dan otak kanan pada belahan otak kiri analitis dan berorientasi pada detail untuk bekerja secara selaras dengan belahan otak kanan yang imajinatif karena adanya kombinasi warna simbol bentuk dan kata kunci memudahkan otak dalam menyerap informasi dan membebaskan siswa untuk berimajinasi. Maka peneliti akan mengadakan penelitian tindakan kelas dengan judul penggunaan mind mapping untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada siswa kelas VA di SDN Tanjungrejo 5 Malang . Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk (1) mendeskripsikan penggunaan mind mapping untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa (2) mendeskripsikan penggunaan mind mapping dapat meningkatkan keaktifan belajar IPS kelas VA di SDN Tanjungrejo 5 Malang (3) Mendeskripsikan penggunaan mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar IPS kelas VA di SDN Tanjungrejo 5 Malang. ii Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) melalui dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Data yang diambil meliputi (1) penggunaan mind mapping (2) keaktifan siswa selama pembelajaran melalui observasi (3) hasil belajar siswa yang diperoleh melalui pre tes dan post tes. Tahap-tahap penggunaan mind mapping 1) siswa memulai dari bagian tengah kertas kosong yang sisi panjangnya diletakkan mendatar 2) siswa menggunakan gambar atau foto untuk ide 3) siswa menggunakan warna 4) siswa menghubungkan cabang-cabang utama ke gambar pusat dan hubungkan cabang-cabang tingkat dua dan tiga dan seterusnya 5) siswa menggunakan garis melengkung bukan garis lurus 6) siswa menggunakan satu kata kunci untuk setiap garis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan mind mapping dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar IPS siswa kelas VA SDN Tanjungrejo 5 Malang. Hal ini ditandai pada hasil keaktifan dan nilai hasil belajar siswa yang meningkat. Hasil observasi keaktifan belajar siswa menunjukkan peningkatan dari siklus I dengan persentase 60 95% meningkat menjadi 79%. Siswa yang awalnya tidak memperhatikan pembelajaran dan kurang aktif dalam pembelajaran pada siklus I menjadi aktif dalam proses pembelajaran siswa kreatif dalam menggunakan mind mapping akan tetapi ada beberapa kelompok yang kurang percaya diri saat diminta maju ke depan mempresentasikan hasil buatannya. Pada siklus II peneliti membagi kelompok secara heterogen karena pada siklus I beberapa kelompok menunjukkan tidak percaya diri dan siswa dilibatkan langsung seperti menggunakan mind mapping dan presentasi. Sehingga pada siklus II siswa saling membantu memberikan gagasan dalam menyelesaikan masalah lebih percaya diri lebih aktif dalam pembelajaran dan siswa lebih kreatif dalam menggunakan mind mapping. Hasil belajar siswa meningkat dari siklus I 73 18% (27 siswa) dengan nilai rata-rata 70 terdapat 17 siswa yang belum tuntas belajar. Ini dikarenakan siswa tidak memperhatikan pembelajaran dan kurang aktif dalam pembelajaran sehingga siswa kurang menguasai materi. Pada siklus II guru mewajibkan semua kelompok maju menjelaskan mengenai mind mapping yang telah dibuatnya dan guru membimbing langsung dalam kegiatan Tanya jawab sehingga ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 81 48% (27 siswa) dengan nilai rata-rata 82. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan mind mapping dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar IPS siswa kelas VA SDN Tanjungrejo 5 Malang. Disarankan guru hendaknya dalam pembelajaran menggunakan mind mapping agar siswa menjadi lebih aktif dan hasil belajarnya meningkat
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 23 Feb 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/281 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |