Peranan paguyuban pencak silat candipuro dalam mewujudkan keharmonisan anggota perguruan pencak silat / Novan Teguh Putra - Repositori Universitas Negeri Malang

Peranan paguyuban pencak silat candipuro dalam mewujudkan keharmonisan anggota perguruan pencak silat / Novan Teguh Putra

Putra, Novan Teguh (2022) Peranan paguyuban pencak silat candipuro dalam mewujudkan keharmonisan anggota perguruan pencak silat / Novan Teguh Putra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh konflik antar anggota perguruan pencak silat yang marak terjadi. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui proses pembentukan Paguyuban Pencak Silat Candipuro mengetahui peran Paguyuban Pencak Silat Candipuro serta mengetahui kendala dan solusi Paguyuban Pencak Silat Candipuro dalam mewujudkan keharmonisan anggota perguruan pencak silat. Pendekatan yang digunakan dalam penlitian ini adalah pendekatan kualitatif yang berjenis deskriptif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian adalah reduksi data display data dan penarikan kesimpulan. Dari penelitian ini dapat diketahui peran Paguyuban Pencak Silat Candipuro sebagai forum disksusi tempat kegiatan bersama dan mempererat hubungan silaturahmi anggota perguruan pencak silat. Paguyuban Pencak Silat Candipuro dinilai sangat berperan dalam mewujudkan keharmonisan karena sejak adanya Paguyuban Pencak Silat Candipuro sangat minim terjadi konflik anggota perguruan pencak silat. Kendala yang dihadapi Paguyuban Pencak Silat Candipuro adalah masalah keuangan dan kesalahpahaman di antara anggota. Solusi untuk mengatasi kendala tersebut Paguyuban Pencak Silat Candipuro mengadakan arisan dan himbauan unutuk menyampaikan informasi dengan cepat dan benar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Dec 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/280999

Actions (login required)

View Item View Item