Dampak kerja paruh waktu mahasiswa terhadap partisipasi kuliah prestasi akademik dan prestasi non akademik mahasiswa / Ardhana Dama Putra - Repositori Universitas Negeri Malang

Dampak kerja paruh waktu mahasiswa terhadap partisipasi kuliah prestasi akademik dan prestasi non akademik mahasiswa / Ardhana Dama Putra

Putra, Ardhana Dama (2022) Dampak kerja paruh waktu mahasiswa terhadap partisipasi kuliah prestasi akademik dan prestasi non akademik mahasiswa / Ardhana Dama Putra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kebutuhan hidup yang tinggi bagi mahasiswa selama masa perkuliahan membuat mereka sadar akan pentingnya hidup mandiri. Memenuhi kebutuhan masa perkuliahan salah satu cara yang dilakukan mahasiswa S1 PPKn Universitas Negeri Malang Angkatan 2017 ialah dengan melakukan pekerjaan paruh waktu. Pekerjaan paruh waktu yang dilakukan mahasiswa S1 PPKn Universitas Negeri Malang Angkatan 2017 ketika masih menjalankan perkuliahan memiliki aktivitas demi aktivitas perkuliahan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan alasan mahasiswa bekerja paruh waktu dampak kerja paruh waktu terhadap mahasiswa dan prestasi mahasiswa yang bekerja paruh waktu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus.Sumber data yang digunakan yaitu informan peristiwa dan dokumen. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara observasi dan lari. Analisis data menggunakan langkah dengan penjodohan pola pembuatan penjelasan (eksplanasi) dan analisis deret waktu. Hasil kajian ini menunjukkan bahwa alasan mahasiswa bekerja yaitu keinginan dan motivasi kerja paruh waktu menambah uang saku menambah pengalaman dan relasi. Capaian prestasi mahasiswa yang bekerja paruh waktu tidak mengalami perubahan yang signifikan terhadap nilai mata kuliah yang ditempuh dan partisipasi kuliah mahasiswa yang bekerja paruh waktu mengalami penurunan dalam aktifitas kuliah seperti sering absen kuliah karena kesehatan fisik menurun. Sedangkan dampak positif kerja paruh waktu dan dampak negatif kerja paruh waktu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Dec 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/280998

Actions (login required)

View Item View Item