Implementasi nilai-nilai pancasila dalam pelaksanaan upacara adat Ipaket (Memagar Benua) pada masyarakat Dayak Maanyan / Ezra Inna Valentina - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi nilai-nilai pancasila dalam pelaksanaan upacara adat Ipaket (Memagar Benua) pada masyarakat Dayak Maanyan / Ezra Inna Valentina

Valentina , Ezra Inna (2022) Implementasi nilai-nilai pancasila dalam pelaksanaan upacara adat Ipaket (Memagar Benua) pada masyarakat Dayak Maanyan / Ezra Inna Valentina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsi implementasi nilai-nilai Upacara Adat Ipaket (Memagar Benua) pada masyarakat Dayak Maanyan dalam perspektif nilai-nilai Pancasila upaya pelestarian Upacara Adat Ipaket pada masyarakat Dayak Maanyan faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan Upacara Adat Ipaket pada masyarakat Dayak Maanyan. Metode dalam penelitian ini ialah kualitatif deskripsi. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan cara observasi wawancara serta dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif milik Miles and Huberman. Hasil penelitian terdiri dari (1) Pelaksanaan Upacara Adat Ipaket Dayak Maanyan mengandung adanya nilai-nilai pengakuan terhadap Tuhan Yang Maha Esa gotong royong sikap cinta tanah air musyawarah dan tidak membeda-bedakan status sosial sesama manusia dari keseluruhan nilai kearifan Lokal tersebut selaras dengan nilai-nilai Pancasila (2) Tradisi Ipaket melibatkan anak muda dalam pelaksanaanya hal ini dimaksudkan dalam pewarisan pengetahuan mengenai Upacara Adat sekaligus cara melestarikan tradisi agar tidak hilang oleh zaman (3) Faktor pendukung dari tradisi ini adalah adanya keberadaan Wadian Ipaket (Pemimpin atau Ketua Adat Ipaket) sebagai unsur utama dan dukungan serta partisipasi dari masyarakat merupakan unsur tambahan agar pelaksanaan Ipaket dapat berjalan dengan baik sedangkan faktor penghambatnya adalah kurangnya anggota Pemimpin Ipaket (anggota Wadian Ipaket) yang menyebabkan proses Upacara Ipaket memakan waktu lebih lama.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Dec 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/280997

Actions (login required)

View Item View Item