Pengaruh self efficacy, lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan nilai praktik mata pelajaran Kewirausahaan terhadap minat berwirausaha (studi pada kelas X SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen Kabupaten malang) / Abdul Fadli - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh self efficacy, lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan nilai praktik mata pelajaran Kewirausahaan terhadap minat berwirausaha (studi pada kelas X SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen Kabupaten malang) / Abdul Fadli

Fadli, Abdul (2017) Pengaruh self efficacy, lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan nilai praktik mata pelajaran Kewirausahaan terhadap minat berwirausaha (studi pada kelas X SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen Kabupaten malang) / Abdul Fadli. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fadli A.Pengaruh Self Efficacy Lingkungan Keluarga Lingkungan Sekolah dan Nilai Praktik Mata Pelajaran Kewirausahaan terhadap Minat Berwirausaha Kelas X di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen Kabupaten Malang. Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. H. Gatot Isnani M.Si. Kata Kunci self efficacy lingkungan keluarga lingkungan sekolah nilai praktik minat berwirausaha. Peningkatan kualitas hidup baik jasmani maupun rohani adalah melalui peretasan pendidikan untuk proses pematangan cara berfikir siswa. Proses pembelajaran yang ada di dalam sekolah terdapat faktor-faktor yang dapat mempengaruhi minat berwirausaha yaitu faktor internal seperti self efficacy dan faktor eksternal seperti nilai praktik mata pelajaran kewirausahaan lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) self efficacy (2) Deskripsi lingkungan keluarga (3) Deskripsi lingkungan sekolah (4) Deskripsi nilai praktik mata pelajaran kewirausahaan (5) Pengaruh self efficacy lingkungan keluarga lingkungan sekolah dan nilai praktik mata pelajaran kewirausahaan secara parsial terhadap minat berwirausaha siswa Kelas X SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Variabel bebas pada penelitian ini adalah Self Efficacy(X1) Lingkungan Keluarga (X2) Lingkungan Sekolah(X3) dan Nilai Praktik Mata Pelajaran Kewirausahaan (X4) dengan variabel terikat adalah Minat Berwirausaha(Y). Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen dengan jumlah 175 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportionate random sampling dengan jumlah sebesar 120 responden. Skala dalam penelitian ini adalah skala Likert dengan 5 opsi. Skala pengukuran dalam penelitian ini adalah skala ordinal yang ditingkatkan menjadi skala interval melalui MSI (Method of Succesive Interval). Sumber data yang digunakan adalah data primer yang berasal dari responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner. Uji kelayakaninstrumen dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis data statistik deskriptif analisisstatistikinferensialberupa analisis regresi linier berganda. Sebelum dilakukan analisis regresi linier berganda dilakukan uji asumsi klasik yaitu uji normalitas uji multikolinieritas dan uji heteroskedastisitas. Berdasarkan hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa (1) Self Efficacy diklasifikasikan cukupbaik (2) Lingkungan Keluarga diklasifikasikan cukupbaik (3) LingkunganSekolah diklasifikasikan cukupbaik (4) NilaiPraktik Mata PelajaranKewirausahaan diklasifikasikan cukupbaik. Hasil uji asumsi klasik menunjukkan bahwa (1) Model regresi memenuhi asumsi normalitas terlihat pada titik-titik menyebar di sekitar dan mengikuti garis diagonal pada gambar P-P Plot of Regression Standardized Residual (2) Model regresi tidak terjadi multikolinieritas yang terlihat pada nilai VIF 10 dan mempunyai angka Tolerance 0 10 (3) Model regresi tidak terjadi heteroskedastisitas terlihat pada gambar grafik scatterplot yang tidak membentuksuatu pola tertentu dan menyebar secara acak diatas dan dibawah angka 0 pada sumbu Y. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan self efficacy terhadap minatberwirausaha (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan lingkungan keluarga terhadap minatberwirausaha (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan lingkungansekolahterhadap minatberwirausaha (4) Terdapat pengaruh positif dan signifikan nilaipraktikmatapelajarankewirausahan terhadap minatberwirausaha. Berdasarkan hasil analisis penelitian ini dapat dijelaskan bahwa secara parsialself efficacy lingkungan keluarga lingkungan sekolah dannilaipraktikmatapelajarankewirausahaanberpengaruh positif dan signifikan terhadap minatberwirausaha. Nilai Adjusted R Square sebesar 0 190 berarti 19 00% minatberwirausahadipengaruhi oleh self efficacy lingkungankeluarga lingkungansekolah dannilaiparktikmatapelajarankewirausahaan sisanya sebesar 81 00% diduga dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalan penelitian ini seperti motivasi belajar motivasi intrinsik dan kepribadian siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti menyarankan (1) Bagi siswa diharapkan untuk dapat mempertahankan dan meningkatkan tingkatkepercayaandiridanmengasahketerampilan (2) Bagi orang tua untuk selalu memperhatikan dan mengawasi anaknya agar selalu memiliki kebiasaan belajar yang baik memiliki kepercayaan diri yang tinggi serta menjaga suasana rumah yang kondusif (3) Bagi pihak sekolah diharapkan untuk dapat mempertahankan dan meningkatkan kondisi lingkungan sekolah secara optimal agardapat lebih memahami karakteristik dari siswa yang diajar dan memotivasi siswa untukmenambahilmupengetahuan (4) Bagi peneliti lain yang tertarik untukmelanjutkan penelitian ini sebaiknya perlu dilakukan penelitian lebih lanjut terkait variabel-variabel lain yang dapat mempengaruhi minatberwirausaha selain dari self efficacy lingkungan keluarga lingkungan sekolah dan nilaipraktikmatapelajarankewirausahaan. Misalnyafaktormotivasibelajar motivasiinstrinsik dankepribadiansiswa. ABSTRACT Fadli A.The Influence of Self Efficacy Family Environment School Environment and Practical School Score of Entrepreneurship Course on Entrepreneurship Interest for 10th Grade atSMKMuhammadiyah 5 KepanjenDistric Malang. Sarjana s Thesis Department of Management Faculty of Economics UniversitasNegeri Malang.Advisor Drs. H. GatotIsnani M. Si. Keywords self efficacy family environment school environment practical school grade entrepreneurship s interest. The improvement of life s quality both physical and spiritual is through the hacking of education for the process of maturation of students thinking. Learning process in school has some factors that can influence the the entrepreneurship s interest internal factors like self efficacy and external factors like the practical school grade of entrepreneurship lecturing family environment and school environment. This study is aimed to find out (1) self efficacy (2) description of family environment (3) description of school environment (4) description of practical school grade for entrepreneurship lecturing (5) influences of self efficacy family environment school environment and practical school grade for entrepreneurship lecturing partially toward the students interest of vocational high school muhammadiyahkepanjen to entrepreneurship. This study is done by using quantitative study and descriptive study. The independent variable of this study is Self Efficacy (X1) Family Environment (X2) School Environment (X3) and Practical School Grade for Entrepreneurship lecturing (X4) whereas the dependent variable is the Interest of Entrepreneurship (Y). This study s population is the students of 10 grade Vocational High School of Muhammadiyah 5 Kepanjenwith175 students. Sampling is done by using proportionaterandom sampling technique with 120 respondents. The scale of this study is Likert scale with five options. In addition the measurement scale is ordinal scale which is enhanced to be interval scale through MSI (Method of Successive Interval). The data source used in this study is the primary data from the respondents. Moreover data collecting method used in this study is by using questioner. Feasibility test instrument is conducted by validity test and reliability test. Data analysis used in this study is statistical descriptive data analysis statistical inferential data analysis form multiple linier regression analysis. Before doing multiple linier regression analysis the writer did some classic assumption test normality test multicollinearity test and heteroscedasticity test. Based on to the result of descriptive analysis showed that (1) Self Efficacy is classified well (2) Family Environment is Classified well (3) School Environment is Classified well (4) Practical School Grade For Entrepreneurship Lecturing is Classified well. In addition the result of classic assumption test showed that (1) regression model has accomplished normality assumption seen at the spreading around and following the diagonal line in the image of P-P Plot of Regression Standardized Residual (2) The writer does not find the heteroscedascity seen in the scatterplot graphic which does not form any pattern and spreading above and below the number 0 on the Y axis. The result of hypothesis showed that (1) There is positive influence and significant Self Efficacy toward Interest of Entrepreneurship (2) There is positive influence and significant Family Environment Toward Interest of Entrepreneurship (3) There is positive influence and significant School Environment Toward Interest of Entrepreneurship (4) There is positive influence and significant practical school grade for entrepreneurship lecturing toward interest of entrepreneurship. Based on to the result this result analysis it was found out that partially self efficacy family environment school environment and practical school grade for entrepreneurship lecturing has positive and significant influence toward the interest of entrepreneurship. Value of Adjusted R Square of 0.190 means that 19.00% interest in entrepreneurship is related to self efficacy family environment school environment and the value of the subject of entrepreneurship subject to 81.00% other assessments that are not typed in this study such as learning motivation intrinsic motivation and student personality. Based on to this study the researcher suggests that (1) The students should maintain and improve their self confidence and their skills. (2) The parents should keep an eye to their children in order to make them have appropriate learning process high self confidence and also keep the conducive atmosphere at home (3) The civitasacademica at school is expected to be able to maintain and improve the condition of school environment optimally in order to comprehend the characteristics of students by motivating them to get as many knowledge (4) For other parties who have interest in this kind of research the researcher suggests that it is better to make this research better concerning with other variables that can influence the interest of entrepreneurship apart from self efficacy family environment school environment and practical school grade for entrepreneurship lecturing. For example the factors of learning motivation intrinsic motivation and student personality.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Oct 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28099

Actions (login required)

View Item View Item