Strategi pemerintah desa dalam pengelolaan sumber daya air terhadap kesejahteraan masyarakat Desa Jetiskidul Kecamatan Arjosari Kabupaten Pacitan / Noka Wilda Russianitaningrum - Repositori Universitas Negeri Malang

Strategi pemerintah desa dalam pengelolaan sumber daya air terhadap kesejahteraan masyarakat Desa Jetiskidul Kecamatan Arjosari Kabupaten Pacitan / Noka Wilda Russianitaningrum

Russianitaningrum, Noka Wilda (2022) Strategi pemerintah desa dalam pengelolaan sumber daya air terhadap kesejahteraan masyarakat Desa Jetiskidul Kecamatan Arjosari Kabupaten Pacitan / Noka Wilda Russianitaningrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan strategi pemerintah Desa Jetiskidul dalam mengelola sumber daya air untuk kesejahteraan masyarakat Desa Jetiskidul menganalisis dampak terhadap kesejahteraan masyarakat setelah dilakukan pengelolaan sumber daya air oleh pemerintah Desa Jetiskidul menganalisis kendala dalam pengelolaan sumber daya air di Desa Jetiskidul serta menganalisis solusi untuk mengatasi kendala tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metodologi deskriptif. Pengumpulan data meliputi observasi (pengamatan langsung) wawancara dan dokumentasi. Informan peristiwa dan dokumen semuanya menjadi sumber data untuk penelitian ini. Dengan menggunakan studi catatan lapangan observasi wawancara dan dokumentasi peneliti mengumpulkan data dari lapangan untuk analisis data yang dilanjutkan dengan reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan temuan penelitian ini strategi pengelolaan sumber daya air di Desa Jetiskidul telah dilaksanakan melalui sumur bor dan Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS). Efek dari strategi pengelolaan sumber daya air ialah pemenuhan kebutuhan air sehari-hari pengembangan usaha peningkatan kebersihan masyarakat dan peningkatan pendapatan asli desa. Kendala dalam pengelolaan sumber daya air di Desa Jetiskidul sikap dan persepsi masyarakat yang awalnya menentang keterlambatan pembayaran iuran dan kurangnya tenaga kerja. Solusi atas kesulitan yang dihadapi pemerintah desa dalam pengelolaan sumber daya air di Desa Jetiskidul ialah dengan melakukan konsultasi dengan masyarakat melakukan pendekatan kepada masyarakat dan memberikan kartu tagihan bulanan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Dec 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/280981

Actions (login required)

View Item View Item