Alqhofiki, Achmad Zuhri (2017) Pengembangan bahan ajar berbasis e-module pada mata pelajaran kewirausahaan (studi pada siswa kelas X Jurusan Bisnis Manajemen SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen) / Achmad Zuhri Alqhofiki. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Alqhofiki A. Z. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis E-Module Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan (Studi Pada Siswa Kelas X Jurusan Bisnis Manajemen SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen). Skripsi Jurusan Manajemen Program Studi S1 Pendidikan Tata Niaga Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Suwarni M.Si Kata Kunci bahan ajar E-Module kewirausahaan Pengembangan E-Module Kewirausahaan yang sesuai dengan berlakunya Kurikulum 2013 dibutuhkan karena terbatasnya bahan ajar yang disediakan di sekolah. Melalui pengembangan E-Module ini diharapkan dapat meningkatkan kemandirian serta hasil belajar siswa. Pengembangan E-Module ini bertujuan untuk (1) menghasilkan E-Module Kewirausahaan pada materi semester genap untuk siswa SMK Kelas X Program Keahlian Bisnis dan Manajemen (2) mengetahui kelayakan E-Module materi semester genap untuk siswa SMK Kelas X Program Keahlian Bisnis dan Manajemen melalui uji validasi ahli (3) mengetahui respon E-Module Kewirausahaan pada materi semester genap untuk siswa SMK Kelas X Program Keahlian Bisnis dan Manajemen SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen. Prosedur pengembangan yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah prosedur penelitian dan pengembangan Borg Gall dengan langkah -langkah yang telah disesuaikan dengan kebutuhan peneliti yaitu (1) potensi dan masalah (2) pengumpulan data (3) desain produk (4) validasi desain (5) revisi desain (6) uji coba produk (7) revisi produk hasil uji lapangan. Validasi E-Module dilakukan oleh 1 ahli materi 1 ahli E-Module dan 6 pengguna (siswa). Jenis data yang terdapat dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif terdiri dari hasil wawancara observasi kritik dan saran dari ahli validator E-Module. Data kuantitatif terdiri dari perhitungan skor pada lembar validasi ahli materi ahli E-Module dan ahli pengguna (siswa). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi angket uji coba pedoman wawancara dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk mengukur kelayakan E-Module adalah dengan Uji validitas. Untuk menganalisis butir soal digunakan taraf kesukaran dan daya pembeda soal. Hasil perhitungan validasi ahli materi dengan skor 107 atau dalam bentuk persentase adalah 93 04 % atau sangat valid. Hasil perhitungan validasi ahli E-Module dengan skor 84 atau dalam bentuk persentase adalah 93 33% atau sangat valid. Hasil perhitungan keseluruhan skor 570 atau dalam bentuk persentase adalah 90 40% atau sangat valid. Saran pemanfaatan E-Module adalah (1) kepala sekolah agar mempertimbangkan E-Module sebagai solusi mengatasi kekurangan bahan ajar disekolah (2) guru diharapkan menggunakan E-Module pegangan guru pada saat proses pembelajaran. Guru diharapkan mampu menguasai kelas sehingga mampu mengarahkan siswa mempelajari E-Module Kewirausahaan hasil pengembangan E-Module Kewirausahaan dapat dimanfaatkan pula pada sekolah lain dengan program keahlian yang sama. Disarankan agar guru dapat menyebarkan E-Module Kewirausahaan melalui tim MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) (3) siswa diharapkan agar memperhatikan dan mengikuti petunjuk penggunaan E-Module. Siswa dapat bertanya pada guru apabila ada hal yang belum dimengerti. (4) peneliti yang mengembangkan E-Module pembelajaran adalah agar menambahkan latihan latihan soal yang lebih banyak penambahan ilustrasi yang sesuai dengan materi serta E-Module perlu adanya pembaharuan sesuai dengan berkembangnya teknologi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 28 Sep 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/28098 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |