Pengaruh locus of control dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran komunikasi bisnis kelas XI Pemasaran SMK negeri 1 Turen / Diana Wahyuningsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh locus of control dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran komunikasi bisnis kelas XI Pemasaran SMK negeri 1 Turen / Diana Wahyuningsih

Wahyuningsih, Diana (2017) Pengaruh locus of control dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran komunikasi bisnis kelas XI Pemasaran SMK negeri 1 Turen / Diana Wahyuningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wahyuningsih Diana. 2017. Pengaruh Locus of Control dan Motivasi Belajar terhadap Pretasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Komunikasi Bisnis Kelas XI Pemasaran SMK Negeri 1 Turen. Skripsi. Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Sopiah M.Pd. M.M. Kata Kunci locus of control motivasi belajar prestasi belajar siswa. Prestasi belajar merupakan hasil yang dicapai oleh siswa setelah mengikuti kegiatan belajar. Prestasi belajar siswa dapat diukur dari keberhasilan siswa tersebut dalam menguasai tujuan pembelajaran prestasi belajar tersebut dapat dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Faktor internal atau faktor yang ada di dalam diri siswa merupakan faktor utama yang mempengaruhi prestasi belajar. Faktor internal tersebut salah satunya adalah locus of control (pusat kendali) dan motivasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kondisi prestasi belajar locus of control dan motivasi belajar siswa kelas XI Pemasaran di SMK Negeri 1 Turen (2) pengaruh locus of control terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran komunikasi bisnis kelas XI Pemasaran di SMK Negeri 1 Turen (3) pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran Komunikasi Bisnis kelas XI Pemasaran di SMK Negeri 1 Turen. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan eksplanatori. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI pemasaran di SMK Negeri 1 Turen Tahun Ajaran 2016/2017. Dalam penelitian ini sebanyak 67 siswa yang terbagi dalam dua kelas yang menjadi responden penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan angket/kuesioner observasi dokumentasi dan wawancara. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS 21. Hasil analisis deskriptif menunjukkan (1) prestasi belajar siswa kelas XI Pemasaran SMK Negeri 1 Turen dikategorikan cukup baik (2) locus of control siswa kelas XI Pemasaran SMK Negeri 1 Turen dikategorikan cukup dengan locus of control internal tinggi dan locus of control eksternal tergolong cukup (3) motivasi belajar siswa kelas XI Pemasaran SMK Negeri 1 Turen dikategorikan tinggi tetapi masih ada yang memeiliki motivasi rendah. Hasil uji asumsi klasik menunjukkan (1) model regresi yang digunakan memenuhi asumsi normalitas dengan melihat persebaran titik-titik pada grafik Normal P-P Plot of Regression Standardize Residual mengikuti garis diagonal (2) tidak terjadi multikolinearitas dengan melihat nilai Tolerance 8805 0 10 (0 950) dan nilai VIF 8804 10 (1 052) (3) tidak terjadi heteroskedastisitas pada model regresi dengan melihat grafik Scatterplot tidak membentuk pola tertentu dan menyebar secara acak di bawah dan di atas angka 0 pada sumbu Y. Berdasarkan hasil uji hipotesis menunjukkan terdapat pengaruh positif dan signifikan locus of control terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran Komunikasi Bisni kelas XI Pemasaran SMK Negeri 1 Turen yang ditunjukkan dengan nilai thitung ttabel yaitu 2 314 1 997 dan terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran Komunikasi Bisnis kelas XI Pemasaran SMK Negeri 1 Turen yang ditunjukkan dengan nilai thitung ttabel yaitu 2 776 1 997. Berdasarkan pada kesimpulan disarankan bagi siswa SMK negeri 1 Turen untuk lebih berusaha dalam belajarnya meningkatkan kegemaran membaca buku atau modul yang berkaitran dengan mata pelajaran Komunikasi Bisnis dan membaca kembali materi yang telah disampaikan oleh guru mata pelajaran Komunikasi Bisnis agar menambah pemahamannya mengenai materi pelajaran tersebut. Bagi guru hendaknya memiliki komunikasi yang baik dengan siswa pada saat proses pembelajaran menerapkan metode pembelajaran yang interaktif dan mudah diterima oleh siswa. Guru disarankan dapat memotivasi siswa dengan memberikan dorongan kepada siswa untuk berusaha dalam belajar agar mendapat hasil belajar yang diinginkannya. Bagi peneliti lain jika ingin melakukan penelitian sejenis disarankan untuk menambah variabel sumber belajar lain untuk memberikan kontribusi terhadap prestasi belajar mata pelajaran komunikasi bisnis benar-benar memahami variabel-variabel yang akan digunakan dan juga teori-teori serta beberapa jurnal yang mendukung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Sep 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28097

Actions (login required)

View Item View Item