Strategi pemerintah desa dalam mengembangkan potensi hutan di desa parakan Kabupaten Trenggalek untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat / Ninda Mei Diana - Repositori Universitas Negeri Malang

Strategi pemerintah desa dalam mengembangkan potensi hutan di desa parakan Kabupaten Trenggalek untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat / Ninda Mei Diana

Diana, Ninda Mei (2022) Strategi pemerintah desa dalam mengembangkan potensi hutan di desa parakan Kabupaten Trenggalek untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat / Ninda Mei Diana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Strategi Pemerintah Desa yang tepat diperlukan untuk mendorong kesejahteraan masyarakat desa. Hal ini dapat mewujudkan kehidupan masyarakat desa yang mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan potensi hutan yang terkandung di Desa Parakan strategi Pemerintah Desa dalam mengembangkan potensi hutan hambatan pelaksanaan strategi dan upaya pihak desa dalam mengatasi hambatan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Miles amp Huberman yang terdiri dari reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa potensi hutan di Desa Parakan berupa kayu non kayu dan potensi wisata. Strategi Pemerintah Desa dalam mengembangkan potensi hutan dilakukan dengan memanfaatkan sumber daya alam dan sumber daya manusia yang diwujudkan dengan program kerja. Hambatan yang terjadi meliputi rendahnya kualitas sumber daya manusia pandemi COVID-19 hama tanaman kurangnya penanaman kembali serta rendahnya koordinasi dan dukungan dari Pemerintah Desa. Langkah Pemerintah Desa dalam mengatasi hambatan yang terjadi diantaranya memberikan himbauan gotong royong dan musyawarah untuk pencegahan penyebaran COVID-19 membasmi hama tanaman melakukan penanaman kembali dan meningkatkan koordinasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jun 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/280955

Actions (login required)

View Item View Item