Pengembangan modul pembelajaran pemasaran online untuk kelas X Pemasaran di SMK Negeri 1 Turen / Dwi Ferrywanda Kristine - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul pembelajaran pemasaran online untuk kelas X Pemasaran di SMK Negeri 1 Turen / Dwi Ferrywanda Kristine

Kristine, Dwi Ferrywanda (2017) Pengembangan modul pembelajaran pemasaran online untuk kelas X Pemasaran di SMK Negeri 1 Turen / Dwi Ferrywanda Kristine. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kristine Dwi Ferrywanda. 2017. Pengembangan Modul Pembelajaran Pemasaran Online Untuk Kelas X Pemasaran di SMK Negeri 1 Turen. Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Djoko Dwi Kusumajanto M.Si Kata kunci Modul Pembelajaran Pemasaran Online Modul adalah sebuah bahan ajar yang disusun secara sistematis denga bahasa yang mudah dipahami oleh peserta didik sesuai tingkat pengetahuan dan usia mereka agar mereka dapat belajar sendiri (mandiri) dengan bantuan atau bimbingan yang minimal dari pendidik. Tujuan pengembangan modul adalah mengembangkan modul Pemasaran Online pada kompetensi dasar menjelaskan konsep Pemasaran Online di SMK Negeri 1 Turen dan mengetahui hasil validasi pengembangan modul sehingga diharapkan dapat menunjang proses kegiatan pembelajaran di kelas. Tahap penelitian dan pengembangan yang digunakan pada penelitian ini yaitu Research and Development dengan menggunakan tujuh tahap yaitu analisis potensi dan masalah pengumpulan data desain produk validasi desain revisi desain uji coba produk revisi produk. Modul divalidasi oleh satu orang ahli modul satu orang ahli materi dan 34 siswa sebagai pengguna. Pengukuran validasi ahli dan respon menggunakan skala Likert. Berdasarkan hasil vaidasi menunjukkan validasi ahli modul sebesar 88% validasi ahli materi sebesar 83% dan pengguna sebesar 90%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan modul Pemasaran Online dinyatakan valid dan layak digunakan sebagai bahan ajar di SMK Negeri 1 Turen. Saran pemanfaatan bagi siswa dalam penggunaan modul ini sebaiknya diperkaya dengan referensi lain atau sumber belajar yang lain ( buku teks internet dan lain-lain). Diseminasi produk dapat dioptimalkan dengan menyebar luaskan pemakaian modul pada guru melalui MGMP SMK Program Keahlian Tata Niaga. Pengembangan berikutnya diharapkan kepada peneliti selanjutnya dapat mengembangkan modul Pemasaran Online sesuai dengan perkembangan ilmu dan teknologi terkini dapat mengembangkan materi yang berbeda sehingga lebih variatif serta dapat memberikan contoh-contoh soal serta latihan soal yang lebih beragam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28095

Actions (login required)

View Item View Item