Analisis kompetensi pedagogik guru dalam memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran dengan menggunakan discovery learning (studi pada guru mata pelajaran produktif pemasaran di SMK Negeri 2 Blitar) / Aulia Wakhidatul Mufidah - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kompetensi pedagogik guru dalam memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran dengan menggunakan discovery learning (studi pada guru mata pelajaran produktif pemasaran di SMK Negeri 2 Blitar) / Aulia Wakhidatul Mufidah

Mufidah, Aulia Wakhidatul (2017) Analisis kompetensi pedagogik guru dalam memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran dengan menggunakan discovery learning (studi pada guru mata pelajaran produktif pemasaran di SMK Negeri 2 Blitar) / Aulia Wakhidatul Mufidah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mufidah Aulia Wakhidatul. 2017. Analisis Kompetensi Pedagogik Guru dalam Memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi Untuk Kepentingan Pembelajaran Dengan Menggunakan Discovery learning (Studi Pada Guru Mata Pelajaran Produktif Pemasaran di SMK Negeri 2 Blitar. Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. H. Sutrisno M.M. Kata Kunci Kompetensi pedagogik guru discovery learning Dalam melaksanakan kompetensi pedagogik guru dituntut harus memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran yang diampu. Di SMK Negeri 2 Blitar sebagian besar guru bidang keahlian pemasaran menggunakan model pembelajaran discovery learning. Pada kenyataannya guru sudah mengelola kelasnya dengan baik yang namun belum diterapkannya metode diskusi untuk berbagi informasi dan belum menggunakan media serta sumber belajar untuk menunjang discovery learning. Beberapa guru menggunakan media power point dan handout untuk menjelaskan kepada siswa. Berkaitan dengan hal tersebut maka diperlukan pembahasan mengenai Analisis Kompetensi Pedagogik Guru dalam Memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi Untuk Kepentingan Pembelajaran Dengan Menggunakan Discovery learning (Studi Pada Guru Mata Pelajaran Produktif Pemasaran di SMK Negeri 2 Blitar. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan pengelolaan kelas guru mata pelajaran produktif pemasaran pada model pembelajaran discovery learning (2) mendeskripsikan media dan sumber belajar guru mata pelajaran produktif pemasaran dan (3) mendeskripsikan metode pembelajaran guru mata pelajaran produktif pemasaran pada model pembelajaran discovery learning. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data pada penelitian ini diperoleh dari hasil observasi wawancara dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa instrumen manusia yaitu peneliti sendiri. Data yang terkumpul kemudian melalui proses pengecekan keabsahan data menggunakan tehnik triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini adalah 1. Dalam pelaksanaanya guru sudah menerapkan tahapan-tahapan discovery learning namun belum maksimal karena belum adanya diskusi kelompok untuk berbagi informasi antar siswa dan belum adanya pemberian masalah dari guru untuk di investigasi siswa. Hal tersebut dikarenakan oleh faktor eksternal guru yaitu a). Waktu jam pelajaran yang kurang untuk kegiatan diskusi b). Tidak adanya jaringan internet diruang kelas untuk melakukan praktek online menggunakan laptop c). Tidak adanya media atau alat yang cukup karena pembelajaran dilaksanakan di ruang kelas sedangkan media pembelajaran terdapat di laboratorium pemasaran 2. Media yang diterapkan guru pada saat mengajar tidak sama dengan perencanaan yang tertera di RPP pada masing-masing guru karena pembelajaran dilaksanakan di ruang kelas sedangkan media pembelajaran terdapat di laboratorium pemasara. Tidak semua guru menggunakan power point. Sumber belajar yang dipilih menggunakan buku paket yang relevan dan internet 3. Penerapan metode pembelajaran oleh guru produktif pemasaran kurang bervariasi. Hal tersebut terjadi karena tidak adanya waktu yang cukup untuk melaksanakan diskusi materi pelajaran banyak menyita waktu guru sehingga hanya cukup digunakan untuk menjelaskan dan memberikan penugasan kepada siswa. Guru belum melaksanakan metode diskusi melainkan hanya menerapkan metode tanya jawab penugasan dan metode ceramah. Kesimpulan dari penelitian ini adalah guru mata pelajaran produktif pemasaran pada model pembelajaran discovery learning sudah menerapkan kompetensi pedagogik namun belum secara maksimal karena faktor eksternal dari guru. Saran untuk guru diharapkan untuk meningkatkan penerapan pembelajaran yang telah direncanakan dengan cara menyesuaikan tempat dan waktu sesuai materi pembelajaran agar model pembelajaran discovery learning dapat diterapkan secara maksimal. Saran untuk sekolah diharapkan lebih meningkatkan fasilitas sekolah khususnya jaringan internet yang cukup agar bisa dimanfaatkan siswa untuk kebutuhan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28093

Actions (login required)

View Item View Item