Rahmadhani, Rizkyana (2017) Analisis kompetensi pedagogik tentang pendekatan, strategi, metode dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam mata pelajaran yang diampu (studi pada guru Program Keahlian Pemasaran di SMK Negeri 1 Udanawu) / Rizkyana Rahmadhani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Rahmadhani Rizkyana. 2017. Analisis Kompetensi Pedagogik Tentang Pendekatan Strategi Metode dan Teknik Pembelajaran yang Mendidik Secara Kreatif Dalam Mata Pelajaran yang Diampu (Studi Pada Guru Program Keahlian Pemasaran di SMK Negeri 1 Udanawu). Skripsi Program Studi Pendidikan Tata Niaga Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. H. Sutrisno M.M. Kata Kunci Kompetensi Pedagogik Guru Menguasai Prinsip-prinsip Pembelajaran yang Mendidik Kompetensi pedagogik merupakan salah satu kemampuan yang berkaitan dengan pengelolaan pembelajaran yang terdiri dari pemahaman peserta didik perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran evaluasi hasil belajar dan pengembangan potensi peserta didik sesuai dengan potensi yang dimilikinya. Aspek kompetensi pedagogik berdasarkan peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 16 tahun 2007 yang harus dikuasai oleh guru salah satunya yaitu menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik. Hal tersebut berimplikasi bahwa seorang guru harus mampu menguasai berbagai landasan atau wawasan kependidikan seperti teori belajar dan prinsip-prinsip belajar. Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 16 tahun 2017 indikator dalam menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik salah satunya yaitu menerapkan berbagai pendekatan strategi metode dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kretif dalam mata pelajaran yang diampu. Berdasarkan hal ini maka penulis ingin mencari tahu bagaimana kompetensi pedagogik guru dalam menguasai prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik dengan menguasai indikator menerapkan berbagai pendekatan strategi metode dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam mata pelajaran yang diampu. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendekripsikan (1) analisis kompetensi pedagogik guru program keahlian pemasaran SMKN 1 Udanawu dalam menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik untuk mengaktualisasikan potensi peserta didik dan mendorong peserta didik untuk memahami suatu materi (2) analisis kompetensi pedagogic guru program keahlian pemasaran SMKN 1 Udanawu dalam penggunaan pendekatan pembelajaran yang mendidik (3) analisis kompetensi pedagogik guru program keahlian pemasaran SMKN 1 Udanawu dalam penggunaan strategi belajar yang mendidik (4) analisis kompetensi pedagogic guru program keahlian pemasaran SMKN 1 Udanawu dalam penggunaan metode pembelajaran yang mendidik. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif informan utama dalam penelitian ini terdiri dari satu waka kurikulum tiga guru program keahlian pemasaran empat murid program keahlian pemasaran SMKN 1 Udanawu. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara observasi dokumentasi. Prosedur penelitian ini adalah observasi awal pelaksanaan penelitian penarikan kesimpulan data dan pelaporan. Hasil penelitian ini dapat didiskripsikan sebagai berikut (1) belum semua guru menguasai kompetensi belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik terbukti masig ada satu guru yang kurang menguasai teori belajar (2) guru sudah menggunakan pendekatan pembelajaran dengan baik hal ini terbukti bahwa guru sudah melakukan pengamatan kepada peserta didik guru sudah bertanya tentang kesiapan belajar siswa mencoba memberikan pertanyaan terkait dengan materi kepada siswa menyajikan materi dan menyimpulkan materi (3) belum semua guru menggunakan strategi pembelajaran yang mendidik dengan baik hal ini terbukti masih ada satu guru yang kurang memberikan penjelasan materi kepada siswa (4) guru sudah menggunakan metode pembelajaran yang mendidik dengan baik hal ini terbukti dari cara guru menyampaikan materi kepada siswa hanya saja ada satu guru yang perlu meningkatkan kompetensi pedagogik dalam penggunaan metode pembelajaran yang mendidik. ABSTRACT Rahmadhani Rizkyana. 2017. Pedagogic Competency Analysis About Approaches Strategies Methods and Learning Techniques that Educate Creatively In Subjects Enabled. (Study In Master Marketing Skills Program at SMK Negeri 1 Udanawu). Thesis Study Program of Education of Commerce Department of Management Faculty of Economics State University of Malang. Advisor Dr. H. Sutrisno M.M. Key Words Teacher Pedagogic Competencies Mastering Educational Principles of Education Pedagogic competence is one of the abilities related to learning management which consists of students understanding Planning and implementation of learning evaluation of learning outcomes and development of potential learners in accordance with its potential. Aspects of pedagogical competence based on Minister of National Education s regulation no. 16 of 2007 which must be mastered by the teacher one of them is mastering learning theories and principles of educational learning. This implies that a teacher must be able to master various educational platforms or insights such as learning theory and learning principles. Based on the Regulation of the Minister of National Education no. 16 year 2017 indicators in mastering learning theories and learning principles that educate one of them is to apply various approaches strategies methods and learning techniques that educate the cretive in the subjects that are. Based on this the writer wanted to find out how the pedagogic competence of teachers in mastering the principles educational learning by mastering indicators applying various approaches strategies methods and instructional techniques that educate creatively in the subjects being taught. The purpose of this study is to describe (1) Pedagogical competency analysis of teacher marketing program skill program SMKN 1 Udanawu in mastering learning theory and teaching principles that educate to actualize potential learners and encourage learners to understand a material (2) pedagogic competency analysis of marketing skills program teacher SMKN 1 Udanawu in the use of learning approach that educates (3) pedagogical competency analysis of teacher marketing program skill program SMKN 1 Udanawu in the use of learning strategies that educate (4) pedagogic competency analysis of teacher marketing skills program SMKN 1 Udanawu in the use of teaching methods that educate. This research uses descriptive qualitative research design The main informants in this study consisted of one vice principal of the curriculum three teachers of marketing skills program four students of marketing skills program SMKN 1 Udanawu. The procedures of this study are preliminary observation research implementation data retrieval and reporting. The results of this study can be described as follows (1) Not all teachers have mastered the competence of learning and the principles of learning that educate proved masig there is one teacher who is less master the theory of learning (2) Teachers have used a good learning approach it is evident that teachers have done observations to learners teachers have asked about students learning readiness trying to provide questions related to the material to students presenting material and concluding material (3) Not all teachers use learning strategies that educate well it is proven there is still one teacher who does not provide material explanations to students (4) Teachers have used educational methods that educate well this is evident from the way teachers convey material to students there is only one teacher who needs to improve pedagogic competence in the use of educational methods that educate.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 15 Aug 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/28092 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |